Puluhan Pengusaha Bangkok Berburu Produk RI di TEI Expo 2016

Para pengusaha Thailand di ajang TEI Expo 2016.
Sumber :
  • Dokumentasi KBRI Bangkok

VIVA.co.id – Sembilan puluh pengusahaa Thailand, yang umumnya para pembeli potensial alias importir, bertebaran mengunjungi stand-stand pameran produk ekspor Indonesia yang dijajakan di Trade Expo Indonesia 2016. 

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Dikutip dari keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok, Kamis 13 Oktober 2016, para pengusaha tersebut berasal dari berbagai provinsi di Thailand antara lain Bangkok, Phetchaburi, Chiang Mai dan Phuket. Mereka datang untuk melihat produk barang dan jasa Indonesia yang memiliki potensi untuk diimpor ke Thailand.  

Produk-produk yang dibidik tersebut antara lain, minyak sawit mentah, batu bara, produk pembangkit listrik, makanan dan minuman, mebel atau furnitur, kertas, kelapa,  jasa pariwisata dan jasa restoran.

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

Tidak ingin kehilangan peluang, sesaat setelah pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 kemarin, perusahaan SCG Co. Ltd dari Thailand langsung menggandeng mitranya di Indonesia, PT. Adaro Indonesia, untuk melakukan penandatangan MoU pembelian batu bara sebesar 275,000 MT senilai US$12 juta untuk tahap pertama.  

Penandatanganan MoU dilakukan oleh, Mr. Nantapong Chantrakul, Indonesia Country Director SCG Co. LTd , dan Garibaldi Thohir, Presiden Direktur PT. Adaro Energy Tbk serta Chia Ah Hoo, Presiden Direktur PT. Adaro Indonesia. 

Toko Khusus Produk Indonesia Dibuka di Mal Malaysia, Kemendag: Sangat Efektif Dorong Ekspor

Komitmen kerja sama tersebut disaksikan pula oleh Menteri Perdagangan, Kepala BKPM, Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Wakil Gubernur Provinsi Phetchaburi, Thailand; Phetchaburi Chamber of Commerce, dan beberapa delegasi dari Thailand. 

Tak ketinggalan, perusahaan Thailand lainnya, Hybrid Energy Co. Ltd, menangkap peluang dari keingingan Pemerintah Indonesia meningkatkan kapasitas suplai listrik. Perusahaan tersebut langsung mengajukan jadwal untuk melakukan business matching dengan perusahaan Indonesia dan BKPM terkait rencana melakukan investasi powerplant di Indonesia bernilai US$20 juta.

Kunjungan 90 pengusaha Thailand ke Expo Indonesia (TEI) 2016 yang bertema Indonesia: Source of Natural and Creative Products, memang dipersiapkan dengan matang. Duta Besar RI, Ahmad Rusdi, jauh hari sebelumnya merancang dua forum bisnis berturut-turut, untuk memancing minta investasi dari Thailand. 

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya