TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Cara Mengatur Keuangan Tanpa Pusing

Kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang tentu sangat memengaruhi.
Cara Mengatur Keuangan Tanpa Pusing
Ilustrasi mengatur keuangan. (U-Report)

VIVA.co.id – Berbagai kebijakan dan kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang di dalam kehidupannya, tentu akan sangat memengaruhi keberhasilannya di dalam hidup. Hal ini akan diwujudkan dalam berbagai tindakan dan keputusan-keputusan yang diambil, termasuk dalam pengelolaan keuangan yang dimilikinya.

Ketika seseorang mampu mengelola dan menjalankan fungsi keuangannya dengan sangat baik, maka besar kemungkinan dia akan meraih berbagai kesuksesan di dalam hidupnya. Hal sebaliknya juga berlaku di mana, jika orang tersebut selalu gagal dalam mengendalikan keuangannya, maka besar kemungkinan berbagai hambatan akan terjadi di dalam kehidupannya.

Nah, untuk membantu Anda agar keuangan tetap sehat tanpa harus merasa terbelenggu dengan rasa takut tidak bisa menikmati kesenangan hidup. Ini dia cara yang bisa dilakukan:

Berbelanja dengan cerdas

Hindari membelanjakan uang untuk berbagai kebutuhan yang tidak begitu penting, sebab ini akan menjadi sebuah petaka di dalam keuangan Anda. Mulailah untuk selalu berpikir cerdas dan bijak dalam membelanjakan setiap sen uang Anda. Sehingga, berbagai pengeluaran yang tidak begitu dibutuhkan dapat dicegah.

Susun daftar belanja dan juga berbagai kebutuhan Anda, bawa dan patuhi daftar tersebut ketika Anda sedang berbelanja dan mencari berbagai barang yang Anda butuhkan tersebut.

Jangan keluar dari anggaran yang telah dibuat, sehingga keuangan tetap aman dan terkendali dengan baik. Pilih juga tempat belanja atau super market yang memberikan penawaran terbaik, atau menyediakan berbagai barang dengan harga diskon yang lebih murah, sehingga Anda bisa berhemat dan menyimpan sejumlah uang belanjaan tersebut.

Selalu upayakan untuk menabung secara teratur

Ini menjadi kebiasaan yang terbilang sedikit sulit untuk dilakukan, terutama jika selama ini Anda tidak rajin melakukannya di dalam keuangan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka ada baiknya untuk membiasakan diri Anda segera menyisihkan dan menabung sejumlah uang yang Anda dapatkan setiap bulannya.

Lakukan ini sebagai langkah pertama setelah Anda mendapatkan sejumlah penghasilan, sehingga Anda tidak akan melupakan atau bahkan meninggalkan kebiasaan menabung tersebut di dalam keuangan Anda.

Tetapkan sejumlah nilai yang akan selalu Anda tabung secara teratur, agar Anda memiliki disiplin dan juga komitmen dalam melakukan hal tersebut. Jangan menunda atau membuat berbagai alasan untuk tidak menabung sebagian penghasilan Anda setiap bulannya. Sebab dana ini akan sangat berguna dan menjadi dana darurat ketika sewaktu-waktu keuangan Anda terganggu dan mengalami kekurangan dana.

Hindari utang

Jangan miliki kebiasaan berutang, meskipun  itu dalam jumlah yang kecil sekalipun. Hal ini akan membuat Anda terbiasa dan sulit untuk meninggalkannya, sehingga keuangan tidak akan pernah sehat dan berjalan dengan lancar.

Sejumlah utang yang Anda miliki akan menjadi beban di dalam keuangan, bahkan meski jumlahnya tidak begitu besar. Jika saat ini Anda telah terlanjur berutang, segera lakukan pelunasan dan hindari untuk melakukannya kembali dengan alasan apa pun juga.

Lunasi berbagai utang yang Anda miliki secara bertahap, terutama jika ternyata jumlahnya terbilang cukup besar dan berat bagi keuangan Anda. Lakukan pelunasan terhadap berbagai utang yang paling berat dan memiliki sejumlah bunga tinggi. Misalnya utang kartu kredit dan yang lainnya.

Dengan begitu maka sejumlah biaya bunga tersebut dapat dihindarkan dari pos pengeluaran Anda setiap bulannya. Saat semua utang telah terbayarkan, maka milikilah komitmen di dalam diri Anda untuk tidak kembali melakukannya di masa yang akan datang. Sehingga keuangan bisa dikonsentrasikan pada berbagai pos lainnya yang lebih bermanfaat, misalnya investasi dan tabungan.

Tinggalkan berbagai kebiasaan buruk yang menghabiskan uang

Sudah saatnya Anda melakukan berbagai terobosan di dalam keuangan, di mana Anda wajib meninggalkan berbagai kebiasaan buruk yang selalu membuat keuangan Anda menjadi terpuruk. Jangan tunda untuk melakukan perubahan dan juga berbagai kebijakan yang Anda anggap dapat membantu keuangan

Anda menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang. Ini akan sangat membantu Anda untuk bisa mendapatkan kondisi keuangan yang sehat dan menjanjikan.

Lakukan penghematan pengeluaran secara cerdas

Hemat tidak sama dengan pelit, hemat adalah cara cerdas untuk menjaga kondisi keuangan agar uang Anda bisa digunakan secara efektif. Dengan mengeluarkan uang secara efektif, maka kesempatan Anda untuk mempersiapkan masa depan secara cerah juga semakin besar. Jadi, ayo hidup hemat sejak sekarang! (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP