TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

IHSG Dibuka Turun Dipengaruhi Kondisi Asia yang Melemah

Masih ada peluang berbalik arah menguat.
IHSG Dibuka Turun Dipengaruhi Kondisi Asia yang Melemah
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) (ANTARA FOTO/OJT/Feronike Rumere)

VIVA.co.id – Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia turun tipis 0,03 persen atau 1,70 poin ke level 5.338,70 pada pembukaan sesi I akhir pekan ini, Jumat, 14 Oktober 2016.

Menurut Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, laju IHSG kembali gagal melakukan perlawanan lantaran masih minimnya sentimen positif dari domestik. Hal ini membuat para pelaku pasar fokus terhadap isu yang sedang berkembang di bursa saham global.

Namun, peluang adanya berbalik arah atau rebound terbatas masih dapat terjadi dengan harapan laju IHSG dapat bertahan di atas batas bawah atau support 5.337 serta diikuti aksi beli kembali.

"Diharapkan peluang tersebut terbuka meski tetap cermati sentimen yang ada sebagai antisipasi jika masih terjadi pelemahan lanjutan," ujarnya di Jakarta.

Reza menyebut, kondisi bursa saham di kawasan Asia cenderung melemah usai dirilisnya data ekspor-impor Tiongkok yang jauh di bawah ekspektasi. Ini turut memengaruhi psikologis pelaku pasar di dalam negeri sehingga cenderung melakukan aksi jual.

"Lalu, setelah diadakannya risalah FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal), yang secara tersirat memberikan sinyal adanya peluang kenaikan suku bunga Amerika Serikat di bulan Desember, juga dijadikan sentimen negatif sehingga membuat IHSG tertekan," tuturnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP