TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Miliarder di China Lebih Banyak Ketimbang AS

Jack Ma, berada di posisi nomor dua orang terkaya China.
Miliarder di China Lebih Banyak Ketimbang AS
Pendiri Alibaba Jack Ma (REUTERS/Bobby Yip)

VIVA.co.id – China berhasil mengalahkan Amerika Serikat (AS) dalam hal jumlah miliarder. Rekor tersebut berdasarkan laporan media Shanghai, Hurun, yang mempublikasikan laporan hasil penelitian orang-orang kaya, mirip Forbes.

Dikutip dari BBC, Jumat 14 Oktober 2016, Hurun melaporkan jumlah miliarder China mencapai 594, lebih banyak dibanding dengan AS yang hanya memiliki 535 miliarder. Meski demikian tidak ada satu pun pengusaha super kaya China masuk dalam daftar 20 orang terkaya di dunia.

Taipan Wang Jianlian, pemilik perusahaan konglomerasi properti Dalian Wanda, menduduki posisi puncak daftar orang-orang kaya di China. Nilai kekayaannya diperkirakan mencapai US$32,1 miliar. Sedangkan pendiri Alibaba, Jack Ma, berada di posisi nomor dua dengan nilai kekayaannya meningkat 41 persen pada tahun lalu.

Pony Ma, pemilik perusahaan teknologi internet dan game online Tencent berada di posisi ketiga dengan nilai kekayaan US$24,6 miliar. Selanjutnya ada bos firma real estate dan investasi Baoneng Group, Yao Zhengua, yang kekayaannya melonjak 820 persen menjadi US$17,2 miliar.

Ketua Hurun, Rupert Hoogewerf, mengatakan melonjaknya kekayaan Yao mengilustrasikan pergeseran ekonomi China. "Model investasi Yao merespresentasikan sebuah gelombang baru penciptaan kekayaan di China. Uang pertama kali dibuat di China 20 tahun lalu dari perdagangan, diikuti oleh manufaktur, real estate, teknologi informasi, dan hari ini adalah tentang menggunakan pasar modal untuk investasi keuangan," katanya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP