TUTUP
TUTUP
BISNIS

DPR: Kenaikan Cukai Rokok Jangan Hantam Pelaku Industri

Cukai rokok sebaiknya dinaikkan secara bertahap.
DPR: Kenaikan Cukai Rokok Jangan Hantam Pelaku Industri
Kegiatan Produksi Rokok

VIVA.co.id – Anggota Komisi XI DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno, berharap kenaikan cukai rokok di awal tahun 2017 mendatang tidak sampai membebani para pelaku industri tersebut.

"Cukai naik secara bertahap, dan tak boleh membebani pelaku usaha," kata Hendrawan di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016.

Hedrawan menilai kenaikan cukai rokok ini tidak akan terlalu berpengaruh terhadap inflasi. Menurutnya, daya beli konsumen terhadap rokok juga sudah berubah, dan cenderung lebih rasional.

"Pengaruhnya terhadap inflasi kecil, jadi saya rasa tidak akan terlalu berpengaruh secara signifikan. Karena semakin hari konsumen pun kita tahu juga semakin rasional," kata Hendrawan.

Ketika ditanya apakah kenaikan cukai rokok ini akan mempengaruhi penerimaan negara dari sektor tersebut, politisi PDIP ini mengatakan jika dampak terkait hal itu masih perlu dilihat dan dikaji lagi ke depannya. Sebab, hal tersebut juga harus dilihat dari seberapa besar inflasi dan seberapa tinggi pertumbuhan ekonomi di tahun mendatang.

"Patokan umumnya adalah inflasi plus pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP