TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Jonan Dikhawatirkan Tak Optimal Pimpin ESDM

Jonan tak miliki latar belakang ESDM sama sekali.
Jonan Dikhawatirkan Tak Optimal Pimpin ESDM
Presiden Joko Widodo Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) beserta dengan Wakil Menteri (Wamen) ESDM, Arcandra Tahar. Keputusan Presiden Jokowi ini pun kembali mengundang kontroversi. 

Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara mengaku khawatir, dengan dipilihnya Jonan yang tidak memiliki latar belakang ESDM sama sekali. Menurut dia, hal ini akan membuat sektor ESDM di Indonesia semakin tidak optimal. 

"Ya, kita khawatir saja, nanti sektor ESDM tidak optimal, dan saya kira kekhawatiran itu wajar, karena namanya orang yang diangkat (sebagai pejabat) itu memang harus memahami masalah, harus profesional di bidangnya." kata Marwan saat dihubungi VIVA.co.id, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016. 

Menurut Marwan, orang yang diangkat sebagai menteri ESDM, harusnya yang memiliki pengalaman dan profesional di sektor tersebut. Apalagi, Jonan pernah diberhentikan oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Perhubungan pada reshuffle jilid II.

"Kenapa kok di reshuffle diangkat lagi, justru dia dahulu bagus di sana (Kementerian Perhubungan), karena memang punya pengalaman di bidangnya. Dia kan (Dirut) Kereta Api kan," kata Marwan. 

Selain itu, Marwan juga mengaku kecewa dengan dipilihnya Arcandra sebagai Wamen ESDM. Menurutnya, seseorang yang telah diberhentikan karena persoalan integritas, kenapa justru diangkat lagi oleh Presiden Jokowi. 

"Terus, pak Arcandra kenapa masih diangkat? Bagaimana pun, pejabat negara itu harus punya integritas yang tinggi, ternyata kan integritasnya Arcandra ini kan sudah bermasalah di awal itu," ujar dia. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP