TUTUP
TUTUP
BISNIS

Inspirasi Ide Usaha Franchise Makanan Ringan

Franchise, atau waralaba saat ini telah menjadi pilihan bisnis.
Inspirasi Ide Usaha Franchise Makanan Ringan
pertimbangan sebelum memilih bisnis waralaba (U-Report)

VIVA.co.id – Franchise, atau waralaba saat ini telah menjadi pilihan bisnis yang banyak digandrungi oleh para pengusaha pemula. Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh bisnis dengan sistem waralaba, di antaranya adalah kemudahan dalam membangun usaha.

Nama waralaba sudah dikenal dan memiliki sistem yang sudah teruji di pasaran, sehingga jenis usaha ini cocok bagi pengusaha pemula. Jika kita ingin membuka usaha dari awal, biasanya yang sulit adalah membangun sistem yang sudah teruji yang bisa memberikan hasil yang baik dan mampu berjalan lama.

Untuk memulai usaha waralaba, juga diperlukan riset dan usaha yang tepat di awal. Anda harus jeli dan pandai dalam memilih usaha waralaba yang baik dan memberikan pelayanan kepada Anda.

Lihat juga lokasi dan pangsa pasar, apakah produk Anda akan bisa dijual dengan lancar, atau tidak. Berikut ini, beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum membuka usaha waralaba.

1. Pikirkan ide

Dalam menjalankan suatu bisnis, ide merupakan suatu hal yang sangat penting supaya bisnis yang akan Anda jalankan dapat terus berkembang dan tidak monoton. Ide yang kreatif menjadi suatu senjata yang ampuh untuk membuat usaha kita berbeda dari yang lain, tidak terkecuali dalam waralaba. Walau sudah memiliki sistem yang baik, dengan ide yang kreatif akan meningkatkan penjualan dan omzet.

Nama merek yang unik, menjual, dan mudah diingat, juga sangat penting untuk suatu usaha. Di saat Anda mencari bisnis waralaba yang baik, carilah usaha yang memiliki nama yang cukup popular, dan unik supaya produk yang Anda tawarkan dapat dikenali dengan mudah, serta dapat dengan mudah pula untuk diingat.

2. Riset pasar

Melakukan riset pasar juga adalah hal yang sangat penting, di mana Anda harus mengetahui segmen pasar yang menjadi modal Anda dalam berbisnis. Salah satu contohnya adalah cuaca, atau iklim di tempat anda akan berjualan, apakah daerah anda akan berjualan lebih bercuaca dingin, atau panas. Jika lebih sering panas, Anda bisa menjual sesuatu yang cocok dengan cuaca tersebut seperti es krim, yogurt dan lain-lain.

Anda tentunya sangat disarankan untuk tidak sembarangan asal memilih, terutama untuk waralaba baru yang belum teruji dan belum memiliki pengalaman yang lama. Salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah modal usaha, karena setiap waralaba memiliki harga pembelian yang berbeda-beda.

Harga yang mahal belum tentu cocok dengan Anda dan pasti menghasilkan pendapatan yang besar. Anda tetap harus melihat nilai modal yang Anda miliki, dan sebaiknya juga sisakan uang untuk hal-hal yang kritis dan krusial.

Berikut ini, beberapa contoh pilihan waralaba makanan ringan yang banyak dijalankan oleh masyarakat, baik di kota besar, bahkan sampai ke pelosok kota kecil:

1. Popcorn

Popcorn menjadi salah satu makanan ringan yang cukup banyak diminati dan dijadikan sebagai usaha waralaba. Makanan ini biasanya dimakan, saat menonton film, atau disajikan di tempat nonton bioskop.

Popcorn juga bisa Anda jajakan di lokasi umum, atau di ruko. Banyak yang menjadikan makanan ringan ini sebagai makanan favorit, terutama anak-anak, sehingga Anda sudah memiliki pangsa pasar yang jelas.

2. Keripik Singkong

Keripik juga menjadi makanan ringan favorit banyak warga Indonesia. Nama-nama yang cukup beken adalah keripik Maicih yang terkenal, karena memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Anda bisa membeli franchise yang menjual keripik singkong, atau kentang karena makanan tersebut sudah menjadi makanan ringan sehari-hari.

3. Es krim

Pencinta es krim di Indonesia juga sangatlah banyak, terutama jika lokasi Anda akan berjualan adalah lokasi yang terbilang panas dan lembab. Tentunya, akan sangat cocok jika Anda bisa menjual es krim ditempat tersebut.

Gurihnya berbisnis franchise makanan ringan

Franchise makanan, terutama makanan ringan merupakan jenis usaha yang paling diminati, karena lebih mudah dan murah dari segi biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, makanan ringan merupakan jenis produk yang banyak dicari oleh konsumen, dan memiliki pangsa pasar yang besar.

Apalagi, kini bermunculan pula usaha-usaha makanan baru yang memiliki progres yang cepat dan matang dalam bisnis makanan. Bisnis kuliner memang usaha yang sangat menguntungkan dan paling banyak diminati saat ini, dan yang pasti cocok bagi pengusaha pemula yang masih belajar dalam menganalisa risiko bisnis. (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP