Menteri Jonan Belum Punya Prioritas Kerja di ESDM

Presiden Joko Widodo dan Ignasius Jonan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo telah melantik Ignasius Jonan sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Arcandra Tahar sebagai wakil menteri (wamen) ESDM hari ini, Jumat 14 Oktober 2016. 

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Pasangan pimpinan di Kementerian ESDM ini menyatakan perlu  berembuk terlebih dahulu dalam membenahi berbagai sektor di Kementerian ESDM. Lalu, bagaimana prioritas pasangan pimpinan ESDM ini ke depannya?

Menteri Jonan mengaku belum mempunyai prioritas kerja di Kementerian ESDM. Jonan mengaku menunggu pertemuan dengan Plt Menteri ESDM, Luhut Binsar Pandjaitan dan berembuk dengan pejabat eselon I untuk briefing terkait dengan langkah-langkah yang akan diambil ke depannya. 

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

"Kalau mengenai prioritas dan sebagainya, memang belum ada. Tadi tidak didiskusikan, tapi menurut saya sebaiknya Senin ada rencana briefing dari Plt menteri ESDM yang merangkap Pak Menko, dia akan briefing kami, apa yang beliau kerjakan selama dua bulan," kata Jonan di kantor Kementerian ESDM, Jumat 14 Oktober 2016. 

Setelah itu, lanjut Jonan, dia akan duduk berembuk bersama dengan jajaran eselon I Kementerian ESDM. Pada saat itulah prioritas program Jonan sebagai pimpinan ESDM akan diputuskan. 

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

"Kami duduk bersama dengan seluruh eselon satu juga dengan beliau (Luhut) untuk menyusun prioritasnya gimana. Sambil kita minta waktu Bapak Presiden, untuk arahan. Jadi kami nunggu Pak Luhut," kata Luhut. 

Sementara itu, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengungkapkan, salah satu prioritas yang akan dijalankan adalah memberantas mafia migas, kemudian merampungkan Revisi UU Migas dan Revisi UU Minerba. 

"Ya tentu jadi prioritas terutama yang UU Minerba, kemudian UU Migas, itu yang jadi prioritas kita untuk diselesaikan secepatnya," kata Arcandra. 

Terlepas dari itu, Arcandra juga mengaku  bersyukur  dipercaya kembali memegang jabatan meskipun hanya sebagai wamen ESDM. 

"Alhamdulillah ya. Apa pun itu, kan saya sudah bilang sebelumnya sudah ada yang mengatur, sekarang jadi wamen dan menteri toh? Kan dia (Jonan) sahabat saya juga. Yang penting kita bisa kerja sama membangun sektor ini," tutur Arcandra.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya