Ribuan Direksi BUMN Belum Ikut Tax Amnesty

Sosialisasi Tax Amnesty atau Pengampunan Pajak di Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Iqro Rinaldi

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, sampai saat ini, masih ada ribuan komisaris dan direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang belum mengikuti program kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty.

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak, jumlah direksi dan komisaris perusahaan nasional mencapai 3.198.

“Dari total tersebut, baru 571 yang ikut tax amnesty. Masih ada 2.627 orang yang belum ikut,” jelas Ani, sapaan akrab Menkeu, saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016.

Sri Mulyani Hibahkan Karpet-Sajadah Impor Ilegal Senilai Rp 1,8 Miliar ke Pemkab Bekasi

Ani juga mengatakan, dari total 68 gubernur dan wakil gubernur yang telah dicocokkan berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK) dan sumber lainnya, hanya 14 gubernur dan wakil gubernur yang mengikuti tax amnesty.

Menurut Menkeu, data tersebut menunjukkan bahwa potensi untuk menggaet para wajib pajak (WP) masih begitu besar. Saat ini, pemerintah tengah mendata seluruh profesi yang masih berpotensi untuk mengikuti tax amnesty.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

“Saya yakin, masih banyak WP yang bisa ikut. Saya minta semua profesi diinventaris. Saya minta semua, dosen, profesor, semua yang saya yakin berpotensi ikut tax amnesty. Kami harap, individual bisa banyak ikut,” katanya.

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri

Ditanya Peluang Jadi Menkeu Lagi, Begini Jawaban Chatib Basri

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani diisukan oleh Ekonom Senior Indef, Faisal Basri sebagai menteri yang paling siap mundur dari Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024