Pemerintah Dukung Industri Kompresor AC Mobil Nasional

Pabrik PT. TD Automotive Compressor Indonesia (TACI)
Sumber :
  • Kemenperin.go.id

VIVA.co.id – Industri komponen otomotif terus tumbuh seiring peningkatan produksi dan penjualan kendaraan di Indonesia. Apalagi pemerintah giat mendorong industri otomotif nasional untuk memacu penggunaan komponen lokal.

Dulu Beli Holden, Kini Mobil Buatan RI Siap Dijual ke Australia

“Secara keseluruhan, saat ini terdapat 1.500 perusahaan komponen otomotif di Indonesia yang terbagi dalam Tier 1, Tier 2 dan Tier 3,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Syarif Hidayat, dalam keterangan tertulisnya, Senin 17 Oktober 2016.

Menurut dia, dengan beroperasinya pabrik pertama PT. TD Automotive Compressor Indonesia (TACI) ini akan memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional karena perusahaan menambah investasi, karyawan, serta meningkatkan jumlah pemasok komponen lokal dalam kegiatan produksi industri di Tanah Air.

Di Indonesia Cuma Segini Orang yang Mampu Beli Mobil Pribadi

“Secara umum, pabrik ini akan mendukung pertumbuhan industri nasional dan khususnya mendorong kinerja sektor otomotif kita dapat tumbuh positif,” ujar Syarif. Untuk perkembangan industri kendaraan roda empat di dalam negeri, lanjutnya, total penjualan mencapai satu juta unit dan produksi sebesar 1,1 juta unit pada 2015.

Sedangkan, dari sisi nilai investasi, industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih serta sukucadang dan aksesorisnya mencatatkan penanaman modal asing (PMA) sebanyak US$1,4 juta dan untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN) sekitar Rp930 miliar pada 2015.

RI Lepas Ekspor Minuman Beralkohol Perdana Diageo ke Thailand

“Pada kesempatan ini,kami memberikan apresiasi kepada PT. TD Automotive Compressor Indonesia atas kepercayaannya untuk berinvestasi dan kesungguhannya membangun dan mengembangkan industri komponen kendaraan di Indonesia,” tutur Syarif.

Sementara itu, Presiden Direktur PT. TACI Ryuya Ogiso menyampaikan, pabrik yang dibangun sejak Januari 2011 dengan luas pabrik 4,3 hektare (ha) di atas area lahan 10 ha ini akan memproduksi komponen otomotif khususnya kompresor AC mobil dengan clutch.

“Perusahaan ini merupakan joint venture dari Toyota Industries Corporation (50,1 persen), Astra Otoparts (25,7 persen), Denso International Asia (20 persen), dan Toyota Tsusho Indonesia (4,2 persen),” tutur Ryuya. Nilai investasi pembangunan pabrik hingga September 2016 ini sebesar Rp1,15 triliun dan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 1.928 orang.

Sampai dengan 2016, kapasitas TACI telah mencapai tiga sampai empat juta unit kompresor per tahun untuk pasar original equipment manufacturer (OEM), yaitu ke beberapa konsumen Agen Tunggal Pemegang Merek ATPM baik di pasar domestik maupun luar negeri seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Perodua, Ford, dan General Motors.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya