Tangerang Dominasi Penjualan Rumah pada Kuartal III 2016

Pameran Rumah Murah di JCC beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Dari total penjualan rumah di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) dan Banten, Indonesia Property Watch (IPW) mencatat wilayah Tangerang mendominasi penjualan rumah yaitu sebesar 46,7 persen, diikuti Bogor sebesar 19,3 persen dan Bekasi sebesar 16,1 persen.

BTN Targetkan Kredit pada 2022 Tumbuh hingga 11 Persen

Executive Director IPW Ali Tranghanda mengatakan dari total penjualan rumah di Jabodebek dan Banten, jumlah unit di segmen kecil sebesar 59,2 persen, dan segmen menengah 34,7 persen. Sedangkan segmen atas hanya terjual sebesar 6,2 persen. 

Menurut dia, berdasarkan pengamatan yang dilakukan kenaikan harga rumah dan tanah mulai menunjukkan mulai naiknya pasar permintaan. Potensi pembangunan infrastruktur yang sebagian sedang dilaksanakan terus berdampak bagi kenaikan harga rumah. 

Menerawang Efektivitas Perpanjangan Insentif PPN DTP Sektor Perumahan

Selain itu, pihak perbankan juga mulai mendorong pasar perumahan dengan menawarkan suku bunga rendah. Likuiditas perbankan yang tinggi membuat perbankan berlomba-lomba mengucurkan kreditnya. Belum lagi dana repatriasi hasil program pengampunan pajak atau tax amnesty yang mencapai Rp132 triliun di tahap pertama.

"Kalau melihat secara keseluruhan naiknya penjualan rumah sepanjang kuartal III 2016 tentu ini akibat dari pasar yang sudah di dasar siklus dan bersiap untuk bangkit lagi di tengah banyak potensi kebijakan yang pro pasar perumahan dan properti," kata Ali di kutip dari laman IPW, Senin 17 Oktober 2016.

Dijual hingga Rp15 Miliaran, 486 Unit di Cluster Ini Laku dalam 2 Hari

Dia memperkirakan, ke depan penjualan perumahan akan terus naik terbantu dana repatriasi tax amnesty yang akan menjadi faktor pendorong dan berdampak luar biasa bagi perkembangan pasar perumahan serta properti nasional.
 

PropertyGuru.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

PropertyGuru merupakan perusahaan property technologi yang diketahui induk dari situs pencarian Rumah.com.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2022