TUTUP
TUTUP
BISNIS

Intip Kapal Tanker Baru Pertamina Trans Kontinental

Kapal tanker ini disewakan ke Pertamina Shipping untuk operasional.
Intip Kapal Tanker Baru Pertamina Trans Kontinental
Transko Arafura.

VIVA.co.id – PT Pertamina Trans Kontinental (PKT), anak usaha Pertamina, tahun ini menambah satu lagi armada kapal tanker yang akan memperkuat armada untuk mengangkut minyak kegiatan hulu. Penyerahan kapal itu dilakukan dari PT Dry Dock World Pertama (DDW) pada Rabu pekan lalu.

Total investasi pembangunan kapal jenis Small Tanker 3500 LT DWT itu mencapai US$11,73 juta. Serah terima Transko Arafura dari Galangan PT DDW kepada PTK dilakukan lebih cepat dari jadwal waktu penyerahan yang ditetapkan sebelumnya pada Selasa 18 Oktober 2016.

Direktur Utama PTK, Soebagio Hari Moeljanto mengatakan, Transko Arafura merupakan kapal tanker pertama yang dibangun dan dimiliki oleh PTK. Pembangunan kapal Small Tanker ini sudah disesuaikan dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh pengguna dan telah disesuaikan dengan aturan terkini dari IMO, SOLAS, MARPOL, CLASS ABS, dan ISM.

"Transko Arafura akan dioperasikan untuk mendukung kegiatan Pertamina Shipping dan ditargetkan memberikan kontribusi pendapatan bagi PTK sebesar Rp31 miliar per tahun,” ujar Soebagio melalui keterangan tertulis, Senin, 17 Oktober 2016. 

Menurut rencana, Transko Arafura akan melayani Pertamina Shipping, dengan jangka waktu sewa selama delapan tahun. Kapal jenis small tanker ini nantinya dioperasikan di wilayah perairan Sumatera Bagian Utara atau Kalimantan dan sekitarnya untuk mendukung kegiatan operasional Pertamina Shipping.

Selain Transko Arafura, rencananya PTK juga akan melaksanakan delivery satu unit  Oil Barge 1100 KL diberi nama Transko Ranau yang dibangun oleh PT Patria Maritim Perkasa.

Dengan bertambahnya armada kapal milik PTK akan memperkuat bisnis PTK selaku anak usaha dari Pertamina dan meningkatkan eksistensi PTK untuk bersaing secara global di dalam bisnis pelayaran.

(mus)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP