Lima Trik Usaha dengan Modal Minim

Ilustrasi perencanaan bisnis.
Sumber :

VIVA.co.id – Setiap orang ingin terus berusaha agar bisa bebas secara finansial, dan mampu memenuhi apa yang mereka butuhkan. Saat tidak bisa bekerja, maka mereka akan memilih untuk membuat sebuah usaha saja.

Kembangkan Bisnis Petani, Pria Ini Ubah Kopi Jadi Karya Seni

Sebenarnya, dalam keadaan modal yang minim pun, ingin membuat usaha tetap bisa dijalankan. Anda harus bisa mengatur modal minim tersebut sedemikian rupa, hingga ketemulah bisnis apa yang cocok dengan modal tersebut.

Berikut ini ada lima trik bagi Anda yang ingin mulai berbisnis, namun minim modal:

Kisah Srikandi RI yang Sukses Kelola Bisnis Budidaya Udang

1. Pilih jenis usaha dari hobi

Sekarang ini banyak jenis usaha yang berjalan dengan baik, karena awalnya berasal dari Hobi sang pemilik bisnis. Sebut saja seorang fotografer.

Beri Pinjaman Rp50 Miliar, eFishery Bantu Petani Lewati COVID-19

Dulu memotret banyak objek mungkin hanya sekedar hobi, namun saat ini hobi tersebut bisa mendatangkan uang. Setelah hobi dan mulai menekuni, biasanya mereka masih belum puas untuk segala sesuatunya.

Mereka akan mulai membuka usaha yang seperti di mind map mereka, untuk ditampilkan di dunia nyata dan memenuhi kebutuhan pelanggannya.

2. Maksimalkan modal yang terbatas

Berapapun modal yang Anda miliki, sebaiknya maksimalkan untuk tetap membangun sebuah bisnis. Bisnis itu sendiri ada beragam macamnya, sehingga tidak selalu harus menunggu modal banyak terlebih dulu.

Paling penting adalah tekad yang kuat, minat, dan bakat, serta kemauan untuk mulai berbisnis dan kerja cerdas untuk menuju kebebasan finansial di masa depan.

3. Pentingnya jaringan

Terkadang berbisnis itu tidak hanya karena sudah ada modal saja, namun kita memerlukan bantuan rekan lainnya untuk membantu perkembangan bisnis kita nantinya. Perbanyak relasi yang memiliki satu pemikiran dengan kita dalam bisnis. Hal tersebut juga berpotensi untuk menemukan pasar bisnis Anda.

4. Mengembangkan pengetahuan dan pelajari bisnisnya

Bisnis juga tidak hanya sekedar berjalan, namun juga butuh pembelajaran di dalamnya untuk semakin berkembangnya bisnis tersebut. Sejak sekarang, carilah informasi sebanyak mungkin tentang usaha yang ingin Anda jalankan. Banyak media pembelajaran saat ini yang bisa membantu menemukan informasi yang sesuai tentang bisnis terkait.

5. Memilih produk/jasa yang diminati orang banyak

Sebelum memutuskan jenis bisnis yang akan ditekuni, sebaiknya melakukan observasi dan membaca peluang, tren bisnis apa yang sedang terjadi saat ini. jangan membuat bisnis yang sedang banyak dilakoni orang lainnya, tapi buatlah bisnis yang memang peluangnya besar dan prospeknya bagus untuk ke depannya.

Buat bisnis dari membaca peluang

Sebaiknya temukan peluang di sekitar Anda sebelum memulai berbisnis. Misalnya, jika Anda tinggal di perumahan, di mana banyak anak-anak usia sekolah tinggal di sana, anda bisa membuat usaha jasa antar jemput sekolah, atau usaha membuat bekal makanan anak yang unik dan cukup diminati saat ini. Selain unik, bisnis seperti itu juga dapat bertahan lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya