TUTUP
TUTUP
BISNIS

Jonan Ingin Semua Proyek Energi Libatkan Masyarakat Lokal

Proyek energi tak boleh eksklusif, masyarakat lokal bukan alien.
Jonan Ingin Semua Proyek Energi Libatkan Masyarakat Lokal
Menteri baru ESDM Ignasius Jonan. (Fikri Halim/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru, Ignasius Jonan akan memulai beberapa terobosan baru dengan mengubah kegiatan hulu migas yang selama ini terkesan eksklusif menjadi bermanfaat dan dapat dirasakan oleh rakyat. 

Untuk itu, Jonan meminta kepada seluruh pelaku kegiatan di sektor energi khususnya eksplorasi hulu migas tidak lagi bersikap ekslusif. Dia juga meminta kepada pelaku kegiatan agar seluruh proyek energi di Indonesia tidak lagi membangun sekat di masyarakat. 

"Seperti kegiatan di bidang energi yaitu mengolah gas, atau eksplorasi minyak. Seperti misalnya kilang Bontang dan Arun, dari dulu bangunnya enclave (tertutup). Masyarakat setempat dianggap outsider, seperti alien, kalau (zaman) saya tidak boleh seperti itu," kata Jonan di kantor Kementerian ESDM, Senin 17 Oktober 2016. 

Kedepannya, Jonan menegaskan tak ada lagi proyek-proyek di sektor energi yang bersifat ekslusif. Hal ini juga guna untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah setempat. Apalagi jika yang dilakukan adalah pembangunan kilang onshore (darat).

"Masyarakat setempat harus terlibat, mau jualan roti atau apa harus terlibat, kalau bangun misalnya blok masela, masyarakat setempat harus menikmati benefitnya," kata dia. 

Seperti diketahui, Ignasius Jonan secara resmi menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM sebelumnya, yaitu Luhut Binsar Pandjaitan.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP