Jonan Ingin Semua Proyek Energi Libatkan Masyarakat Lokal

Menteri ESDM Ignasius Jonan.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru, Ignasius Jonan akan memulai beberapa terobosan baru dengan mengubah kegiatan hulu migas yang selama ini terkesan eksklusif menjadi bermanfaat dan dapat dirasakan oleh rakyat. 

ESDM Luncurkan Aplikasi Si Ujang Gatrik, Ini Fungsinya

Untuk itu, Jonan meminta kepada seluruh pelaku kegiatan di sektor energi khususnya eksplorasi hulu migas tidak lagi bersikap ekslusif. Dia juga meminta kepada pelaku kegiatan agar seluruh proyek energi di Indonesia tidak lagi membangun sekat di masyarakat. 

"Seperti kegiatan di bidang energi yaitu mengolah gas, atau eksplorasi minyak. Seperti misalnya kilang Bontang dan Arun, dari dulu bangunnya enclave (tertutup). Masyarakat setempat dianggap outsider, seperti alien, kalau (zaman) saya tidak boleh seperti itu," kata Jonan di kantor Kementerian ESDM, Senin 17 Oktober 2016. 

ESDM Tetapkan Harga Minyak Mentah Indonesia US$95,72 per Barel

Kedepannya, Jonan menegaskan tak ada lagi proyek-proyek di sektor energi yang bersifat ekslusif. Hal ini juga guna untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah setempat. Apalagi jika yang dilakukan adalah pembangunan kilang onshore (darat).

"Masyarakat setempat harus terlibat, mau jualan roti atau apa harus terlibat, kalau bangun misalnya blok masela, masyarakat setempat harus menikmati benefitnya," kata dia. 

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

Seperti diketahui, Ignasius Jonan secara resmi menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM sebelumnya, yaitu Luhut Binsar Pandjaitan.
 

Pabrik Pupuk Iskandar Muda.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia mengaprisiasi Kementerian ESDM yang memasok gas agar pabrik Pupuk Iskandar Muda yang sudah 10 tahun lebih mati, hidup kembali.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022