TUTUP
TUTUP
BISNIS

Hindari Lima Hal Ini Agar Sofa Rumah Anda Tetap Awet

Sofa bikin ruang tamu sempurna. Sayang harganya mahal.
Hindari Lima Hal Ini Agar Sofa Rumah Anda Tetap Awet
ilustrasi sofa di rumah (Rumahku.com)

VIVA.co.id – Ruang tamu atau ruang keluarga akan menjadi semakin sempurna dengan kehadiran sebuah sofa. Persoalannya, harga sofa lumayan mahal, sehingga biasanya produsen merancang produk sofanya agar dapat tahan lama atau awet. 

Sofa kelas menengah dengan harga cukup terjangkau biasanya dapat bertahan hingga 10 tahun masa pemakaian. Sedangkan yang berkualitas baik, dengan harga yang relatif mahal biasanya mampu bertahan hingga 25 tahun. 

Tapi tentu, masalah jangka waktu pemakaian tergantung pada cara memakai sofa Anda. Sayangnya cara pemakaian dan perawatan yang salah, kadang jadi memperpendek umur sofa. 

Untuk itu ada beberapa hal yang dapat Anda terapkan jika ingin sofa Anda awet yaitu:

Pertama, jangan selalu duduk di spot yang sama. Terkadang tanpa disadari, kita memilih salah satu sudut di sofa yang menjadi tempat favorit untuk membaringkan diri. Setiap duduk selalu di situ. Hal ini kurang baik karena dapat menghancurkan serat sofa. Jadi sebaiknya Anda merotasi posisi duduk dan jangan selalu memberi beban pada titik yang sama.

Kedua, jangan menggunakannya sebagai tempat tidur. Fungsi dasar sofa adalah sebagai tempat duduk bukan tempat untuk tidur. Walau terkadang tidur di atas sofa yang empuk memang bisa jadi sangat menggoda, tapi sebaiknya Anda hindari. Sebab hal ini dapat membuat kulit sofa tidak kencang lagi karena melorot. 

Ketiga, tidak pernah membersihkannya. Selama digunakan, tidak mungkin sofa Anda tidak terpapar debu atau kotoran lainnya. Jadi jika ingin tahan lama baiknya bersihkan sofa secara teratur. 

Keempat, jangan menaruhnya di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung dapat membuat warna pada kulit sofa memudar, hal ini tentu akan merusak tampilan sofa. 

Jika sinar matahari terus menerus terpapar pada bagian belakang sofa, maka warna pada bagian belakang akan memudar, begitu pun sebaliknya. Hal terbaik, hindari sofa terkena paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Kelima, jangan membiarkan noda melekat. Jika sofa Anda terkena tumpahan noda, sebaiknya segera bersihkan. Jangan biarkan noda melekat, meresap ke dalam kulit atau kain sofa.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP