TUTUP
TUTUP
BISNIS

Jokowi Ingin Harga Bensin di Papua dan Jawa Sama

Presiden mengakui upaya itu tidak mudah. Pertamina bahkan bisa rugi.
Jokowi Ingin Harga Bensin di Papua dan Jawa Sama
Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Manokwari, Papua. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo mencanangkan program satu harga bahan bakar minyak (BBM) di kawasan barat dan timur Indonesia.

Presiden melihat kesenjangan harga bensin, misalnya, Jawa dengan Papua. Harga bensin premium Rp7.000 per liter di Jawa namun bisa Rp60.000 sampai Rp70.000 di Wamena, Papua. 

“Saya tidak bisa seperti itu. Kalau di wilayah barat dan tengah (Rp7.000 per liter), ya, di sini (kawasan timur) harusnya sama harganya," kata Presiden, seperti dikutip dari siaran pers Biro Pers Media dan Informasi Istana Kepresidenan Jakarta, pada Selasa, 18 Oktober 2016.

Kepala Negara mengakui memang tidak muda menyamakan harga bensin untuk semua wilayah. Pertamina pun dipastikan merugi karenanya. Namun dia mengaku telah meminta Direktur Utama Pertamina untuk mencarikan solusi bagi masalah itu.

"Harganya harus sama, dan diharapkan ada pergerakan ekonomi di sini. (pasokan) listrik berlebih, harga BBM sama, maka akan terjadi pergerakan ekonomi," kata Presiden.

Presiden dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, dijadwalkan bertolak menuju Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, pada Selasa, 18 Oktober 2016. Presiden akan mencanangkan Program Satu Harga Bahan Bakar Minyak di Papua sekaligus meresmikan Bandar Udara Nop Goliat Dekai.

Presiden juga akan melihat langsung pesawat khusus pengangkut BBM, yaitu Air Tractor AT-802, dan meninjau terminal bandara yang baru diresmikannya.

Sebelum meninggalkan Yahukimo, Presiden akan menyaksikan Pembagian Makanan Tambahan bagi ibu hamil, balita, dan anak-anak sekolah di Lapangan Yahukimo Bangkit, Yahukimo.

Dari Yahukimo, Presiden dan Ibu Negara melanjutkan perjalanan menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Agenda pertama Presiden di Sulawesi Utara adalah menyerahkan Sertifikat Tanah Program Strategis Tahun 2016 di Pendapa Kantor Bupati Minahasa Utara.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP