TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Rupiah Masih akan Bergerak Melemah Selasa Ini

Rupiah akan bergerak di kisaran Rp13.074 hingga Rp13.046 per dolar AS.
Rupiah Masih akan Bergerak Melemah Selasa Ini
Seorang pegawai BNI memindahkan tumpukan uang rupiah. (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini, Selasa, 18 Oktober 2016,  sepertinya masih akan mengalami tekanan usai ditutup terkoreksi 36 poin (0,27 persen) ke Rp13.069 per dolar AS pada perdagangan kemarin.

Analis dari Asosiasi Analis Efek Indonesia, Reza Priyambada, mengatakan sentimen tersebut berasal dari spekulasi kebijakan bank sentral karena kekhawatiran mengenai ekonomi global yang kembali muncul.

"Laju rupiah tak mampu melanjutkan penguatannya pada perdagangan kemarin," ujarnya di Jakarta.

Pihaknya memperkirakan, hari ini nilai tukar mata uang garuda akan bergerak di kisaran batas bawah di Rp13.074 dan batas atas di level Rp13.046 per dolar AS.
 
Reza menyatakan, sentimen dari domestik terkait dengan data ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) yang merilis adanya surplus pada neraca perdagangan Indonesia di bulan September.

Menurut Reza, keadaan tersebut justru dijadikan momentum para pelaku pasar uang untuk merealisasikan keuntungannya setelah laju rupiah mengalami penguatan dalam beberapa hari terakhir.

"Padahal, laju dolar AS cenderung melemah di perdagangan Asia karena ekspektasi The Fed akan membiarkan laju inflasi mengalami kenaikan, seiring meningkatnya daya beli masyarakat AS," tuturnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP