TUTUP
TUTUP
BISNIS

Menteri Rini Lengserkan Dirut Angkasa Pura I

Posisinya diserahkan kepada Danang S. Baskoro.
Menteri Rini Lengserkan Dirut Angkasa Pura I
Bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur. Ini merupakan Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I. (Antara/ Eric Ireng)

VIVA.co.id –  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno  merombak Direksi PT Angkasa Pura I (AP I). Sebagai pemegang saham, Rini memberhentikan Sulistyo Wimbo Hardjito sebagai Direktur Utama AP I dan mengangkat Danang S. Baskoro sebagai Direktur Utama AP I yang baru. 

Berdasarkan salinan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang saham PT AP I  dengan nomor SK-240/MBU/10/2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT AP I, Rini memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Sulistyo Wimbo Hardjito yang telah menjabat sejak tanggal 22 Juni 2015. 

"Ucapan terima kasih atas segala sumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatan tersebut," sebagaimana dikutip dalam salinan Keputusan Menteri BUMN, Selasa 18 Oktober 2016. 

Saat dikonfirmasi, Wimbo membenarkan bahwa dirinya telah diberhentikan sebagai Dirut AP I. Ia menerangkan bahwa keputusan tersebut diambil pada Senin, 17 Oktober 2016. 

"Iya benar saya telah diganti, keputusannya kemarin sore sekitar jam empat sore saya ke kementerian BUMN, saya dipanggil Asdep (Asisten Deputi)," kata Wimbo saat dihubungi wartawan.

Meski demikian, Wimbo mengaku tak tahu apa alasan pencopotan dirinya sebagai pimpinan AP I. Ia menyerahkan segala keputusan kepada Kementerian BUMN. Hingga saat ini, ia mengaku belum ditawarkan posisi strategis di BUMN lainnya, namun Wimbo mengatakan siap menerima tugas jika dipercaya kembali oleh Kementerian BUMN.

Dirut PT ASDP Danang S. Baskoro

Danang S Baskoro kini menjabat sebagai direktur utama Angkasa Pura I.

"Saya kan memang cuma menjalankan tugas saja. Ya, kita ikuti kementerian saja. saya belum tau mau (ditempatkan) ke mana, tapi saya siap menerima tugas jika dipercaya," kata dia. 

Saat ini, Rini telah mengangkat Danang S. Baskoro sebagai orang nomor satu di perusahaan yang bergerak di pelayanan jasa penerbangan dan pengelolaan bandara tersebut.

Danang sebelumnya merupakan Direktur Utama, PT ASDP Indonesia Ferry, selain itu ia juga pernah menjabat sebagai direksi di PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk hingga menjadi Deputi Bidang Usaha Logistik dan Pariwisata Kementerian BUMN.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP