Ini Permintaan Luhut ke Duet Jonan dan Arcandra

Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Wamen ESDM Arcandra Tahar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Wakilnya Arcandra Tahar diminta mengkaji ulang cost recovery, agar bisa dipangkas sebesar 30 persen.

ExxonMobil Pede Produk Ini Bisa Kurangi Biaya Pemeliharaan Alat Tambang

Sebab, pemerintah melalui Kementerian ESDM telah menargetkan cost recovery turun hingga US$1 miliar dari sebelumnya US$11,4 miliar, bahkan sampai US$8 miliar untuk tahun depan.

"Banyak anak buahnya pak Arcandra yang pintar-pintar. Maka (cost recovery) harus dikaji lagi. Yang sudah kontrak bisa di revisi lima persen, kalau yang belum kontrak bisa dipangkas sampai 30 persen,"  kata Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan  di Gedung BPPT, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 18 Oktober 2016.

Dari Indonesia untuk Dunia, MIND ID, Holding Industri Tambang Mainkan Peran Inti Hilirisasi

Hal ini dinilai Luhut sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi Indonesia dalam sektor migas. Sebab, selama ini pemerintah kerap dibodohi dengan skema cost recovery, yang diajukan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS)

Dengan peningkatan kompetensi dan kinerja Kementerian ESDM yang dinakhodai duet Jonan-Arcandra itu, Luhut mengaku yakin jika pembenahan sektor migas di Indonesia akan berjalan dengan baik ke depannya.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

"Pemerintah ingin target penurunan cost recovery tahun ini US$10,4 miliar, dan tahun depan lebih rendah dari itu. Saya optimis Jonan dan Arcandra bisa buat lebih bagus," kata Luhut.

EV Mining Truck hasil kolaborasi strategis antara VKTR dan Yutong di Pameran Indonesia Mining Exhibition di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Terobosan Baru, VKTR Hadirkan EV Mining Truck untuk Industri Pertambangan Ramah Lingkungan

PT VKTR Teknologi Mobilitas memperkenalkan EV Mining Truck atau truk listrik untuk industri pertambangan sebagai terobosan baru dalam Pameran Indonesia Mining Exhibition.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2023