TUTUP
TUTUP
BISNIS

Panduan Memilih Tanah Kavling yang Tepat

Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan
Panduan Memilih Tanah Kavling yang Tepat
Ilustrasi memilih kavling yang tepat (Rumahku.com)

VIVA.co.id – Jual beli tanah kavling sudah bukan hal yang baru di Indonesia. Tanah kavling merupakan suatu lahan yang dipetak-petak dengan ukuran tertentu dengan tujuan untuk mendirikan bangunan atau hunian tinggal. Tanah jenis ini umumnya dijual oleh pengembang yang berada di komplek perumahan.

Tanah kavling umumnya berada di posisi yang strategis dan dijual dengan harga yang lebih mahal karena faktor keterbatasan lahan. 

Bagi Anda yang tertarik membeli tanah kavling dalam waktu dekat, maka ada beberapa tips atau panduan agar tidak salah membelinya. Disarankan untuk membeli tanah yang letaknya sesuai kebutuhan dan keinginan. Berikut ini penjelasan beberapa jenis tanah kavling. 

1. Tanah Kavling Posisi Corner Lot 

Tanah jenis ini biasanya terletak di sudut-sudut atau hoek. Posisi ini umumnya yang paling diminati. Alasannya, karena ukurannya yang cenderung lebih luas. Kelebihan yang dimilikinya yakni, mempunyai dua muka (pintu masuk), sangat cocok untuk tempat komersial seperti toko atau lahan parkir, dan sirkulasi udara yang baik. 

Kekurangannya, biaya perawatan yang tinggi, ramai dan biasanya kurang nyaman karena berada di persimpangan jalan, dan keamanan cukup riskan.

2. Tanah Kavling Posisi Interior Lot

Posisi tanah kavling yang paling umum dan letaknya ada di deretan tanah kavling dalam satu blok. Ukurannya pun sama dengan deretan tanah yang ada di sampingnya. Kelebihan tanah kavling pada posisi ini lebih baik keamanannya, lebih mempunyai privasi, lebih nyaman, dan tidak perlu banyak perawatan. Namun, kekurangannya adalah sirkulasi udara yang terbatas dan hanya memiliki satu muka.

3. Tanah Kavling Posisi Key Lot

Posisi key lot terletak di tengah tanah kavling. Kondisinya terhimpit antara dua sisi tanah yang telah dibagi dalam beberapa petak. Ada banyak kelebihan yang dimiliki dari tanah ini yakni lahan memanjang ke belakang, keamanan yang baik, tidak terlalu berisik, area parkir yang luas, butuh sedikit perawatan, dan privasi yang baik. 

Adapun kekurangannya yakni hanya mempunyai satu muka, sirkulasi udara yang terbatas, dan dekat dengan septic tank milik tetangga.

(mus)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP