TUTUP
TUTUP
BISNIS

Cara Mengendalikan Nafsu Belanja

Salah satunya, buatlah daftar belanja.
Cara Mengendalikan Nafsu Belanja
Ilustrasi belanja menggunakan kartu kredit.

VIVA.co.id – Belanja adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi semua orang, apalagi untuk wanita. Belanja selalu identik dengan kaum hawa. 

Belanja sekarang sangat dipermudah dengan perkembangan zaman di era modern ini. Belanja bisa online, hanya bermodalkan laptop dan smartphone Anda bisa mengakses online shop yang besar. 

Kemajuan Internet banking juga menjadi sebuah kemudahan untuk berbelanja di online shop. Ketertarikan orang berbelanja di online shop karena  suka memberikan diskon dan harganya jauh lebih murah dibandingkan kita berbelanja di pasar. 

Enaknya lagi jika kita berbelanja di online shop kita ga perlu repot-repot keluar rumah panas-panasan. Barang abis kita bayar nanti dikirim dan langsung sampai di depan rumah kita. Bagaimana orang tidak ingin coba? Udah lebih murah, tidak perlu repot-repot.

Tidak heran banyak orang yang membeli barang tanpa banyak pikir, sekalipun mereka ga butuh-butuh banget barang itu. Banyak sekali orang yang sudah kecanduan berbelanja. 

Apakah Anda salah satunya? Jika Anda sering berbelanja tapi itu bukan kebutuhan. Maka yang harus dilakukan adalah mengendalikan nafsu belanja. 

Sebenarnya bukan hanya di online shop saja, jika Anda kaum sosialita yang suka hangout ke mal-mal besar dan mainnya ke toko yang barangnya keren dan bermerek, otomatis Anda pasti tergiur untuk  membelinya walaupun kalian tidak butuh itu. 

Biasanya sih kita bilang dengan sebutan haus mata. Saat di mal mungkin adalah sebuah kesenangan dengan membelinya, tapi ketika di rumah barang itu hanya akan disimpan.

Apa yang menyebabkan Anda seperti itu, sebenarnya ada faktor X yang membuat Anda terus-terusan membeli barang yang tidak Anda butuhkan. Ini dia di antaranya:

      1. Bosan

Bosan bisa membuat Anda ingin berbelanja terus-menerus. Kenapa? Karena perubahan zaman terjadi dengan begitu cepat. Contohnya adalah smartphone, biasanya pabrikan akan mengeluarkan update produk baru setiap tahun dan bagi Anda yang merasa harus selalu update, maka membeli smartphone baru adalah sebuah keharusan. 

Padahal, selisih kemampuan antara produk yang lama dan baru tidaklah terlalu jauh. Itu yang membuat uang akan terbuang dengan percuma.

  1. Stres

Stres juga membuat Anda ingin berbelanja terus-menerus. Faktor stres itu banyak, bisa dari lingkungan pekerjaan, tekanan hidup, dan beban yang harus ditanggung. 

Untuk beberapa orang, terutama wanita terkadang suka salah dalam mengekspresikan stresnya, di mana mereka sering mengalihkannya dengan berbelanja agar pikiran mereka menjadi senang.

Dua faktor di atas adalah yang membuat Anda jadi tidak bisa mengendalikan hawa nafsu dalam berbelanja. Ingat,tidak selamanya berbelanja akan menjadi penawar rasa bosan atau stres Anda. Bisa jadi akan ada masalah keuangan yang terjadi setelahnya. 

Lantas bagaimana cara mengendalikan nafsu belanja yang sudah menggila? Ini jawabannya

1.Buat diri Anda sibuk

Saat Anda tidak sibuk itu menjadi peluang untuk membuka situs-situs online shop kesayangan. Itu merupakan hal yang buruk. Karena itu, buat diri Anda sibuk sehingga tidak mempunyai kesempatan untuk mengunjungi situs-situs online yang akan membuat nafsu belanja tidak terkendali. 

Cobalah melihat-lihat situs berita atau situs job freelance yang bisa memberikan pemasukan sampingan. Khusus untuk job freelance, itu akan membuat Anda tidak banyak mampir ke mal karena ada suatu hal yang harus dikerjakan saat waktu senggang.

2.Buatlah daftar belanja

Kenapa Anda harus membuatnya? Karena ketika Anda membuat daftar belanja, pengeluaran akan lebih terstruktur dan Anda hanya akan membli barang-barang yang dibutuhkan saja. Jadi Anda tidak akan berbelanja secara membabi buta lagi, karena sudah ada daftar prioritas yang harus diikuti.

3.Gunakan uang cash

Saat Anda berbelanja cobalah untuk menggunakan uang cash. Kenapa? Karena ketika Anda menggunakan kartu kredit atau debit. Anda tidak melihat secara langsung berapa sisa uang yang dimiliki. 

Jadi, Anda secara otomatis bisa melihat dengan mata secara langsung berapa uang yang tersisa. Sehingga bila sudah mau habis, mau tidak mau Anda mesti berhemat agar bisa menghidupi diri dalam sisa waktu hingga gajian berikutnya.

(mus)
 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP