TUTUP
TUTUP
BISNIS

Mau Beli Smartphone Bekas Lebih Hemat, Ini Caranya

Sesuaikan kebutuhan dengan kantong Anda.
Mau Beli Smartphone Bekas Lebih Hemat, Ini Caranya
Smartphone  (Halomoney)

VIVA.co.id – Salah satu kebutuhan elektronik yang hampir menjadi kebutuhan primer di zaman sekarang adalah ponsel pintar alias smartphone. Sayangnya, smartphone yang memiliki banyak fitur dengan spesifikasi cukup tinggi cenderung memiliki harga yang mahal.

Kalau ingin memiliki smartphone dengan merek cukup terkenal namun harganya masih terasa mahal bagi kantong, maka cara terbaik  memilikinya dengan membeli smartphone bekas. Ada beberapa strategi hemat membeli smartphone bekas sesuai kebutuhan. Ikuti caranya di bawah ini:

1. Melakukan riset harga

Riset harga penting dilakukan agar tidak merasa ‘kemahalan’ saat membeli smartphone bekas tersebut. Bukan hanya harga versi barang barunya, juga perlu cek kisaran harga smartphone bekas tersebut dari berbagai situs jual beli.

2. Periksa apakah sinyal dan Wi-Fi berfungsi

Sebelum membeli, pastikan sinyal masih berfungsi. Tidak lucu kan kalau ternyata sinyalnya putus-nyambung terus di area dengan sinyal bagus? Selain sinyal, coba juga fitur Wi-FI dan Bluetooth dan pastikan dua fitur itu berfungsi dengan baik.

3. Pastikan seluruh fitur smartphone bekerja

Jangan ragu untuk mengutak-atik berbagai fitur handphone tersebut. Kamu bisa mencoba apakah seluruh tombol berfungsi baik, baterai masih bagus, speaker dan microphone masih berfungsi, dan sebagainya. Coba cek juga untuk melakukan panggilan dan sebaliknya.

4. Periksa kelengkapan fitur smartphone, termasuk garansi

Pastikan smartphone yang dibeli masih lengkap. Bukan hanya smartphonenya, perlu cek kelengkapan lain seperti kabel USB, charger (pastikan asli), headset, dan barang lainnya. Perlu memastikan mengenai keberadaan kartu garansi dan masa garansi yang tersisa.

5. Beli dari orang apik

Kalau mau membeli smartphone bekas, coba cari dulu melalui kenalan-kenalan. Jika membeli dari orang tak dikenal di situs jual beli, kemungkinan Anda dibohongi tentu lebih besar. Negosiasikan harga yang sesuai dan jangan lupa ikuti tips yang lain supaya smartphone bekas tersebut dijamin sesuai harapan.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP