Menteri Susi: Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Luar Biasa

(Tengah) Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti,
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengklaim dalam masa dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah terjadi cukup banyak kemajuan yang berhasil diraih dalam sektor perikanan nasional.

Riset Ungkap Dampak Bantuan Pemerintah ke Sektor Perikanan Tangkap

Kenaikan produk domestik bruto (PDB), nilai tukar nelayan, serta meningkatnya produksi perikanan nasional, merupakan sejumlah pencapaian yang diklaim Susi berhasil diraih di sektor yang dipimpinnya tersebut.

"Saya pikir dua tahun pemerintahan Jokowi-JK banyak kemajuan-kemajuan luar biasa. Satu hal yang sudah pasti adalah PDB perikanan naik sangat tinggi, hampir dua kali lipat dari PDB nasional," kata Susi dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 20 Oktober 2016.

10 Ribu Pembudidaya Perikanan Dibidik Masuk Ekosistem eFishery 2021

"Kemudian nilai tukar nelayan, itu juga naik luar biasa tinggi. Produksi perikanan pun ikut naik," ujarnya menambahkan.

Namun, Susi pun tak menyangkal bahwa masih banyak pekerjaan rumah (PR), yang mesti diselesaikan oleh pihaknya, seperti pembenahan tata kelola di sektor perikanan nasional.

Disebut Menteri Terbaik Hasil Lembaga Survei, Prabowo: Itu Jadi Beban

Hal ini diakuinya membutuhkan koordinasi antar departemen, guna menyelaraskan langkah-langkah kebijakan untuk pembenahan pengolahan, rantai distribusi, dan upaya pemasaran hasil-hasil perikanan agar lebih merata.

"Supaya hasil tangkapan nelayan di Jawa dan di Timur Indonesia, mendapatkan harga yang sama. Agar kesejahteraannya juga lebih baik. Inilah PR-PR yang harus dikerjakan antar departemen dan disinkronisasikan langkah-langkahnya," ujar Susi.

Tambak Udang Vaname yang dikelola oleh eFishery dan Baba Rafi.

Jangan Patah Semangat Bisnis Akuakultur, Bisa Coba Cara Ini

Laju bisnis akuakultur tumbuh 21 persen selama enam tahun terakhir, jauh di atas sektor tangkapan ikan yang hanya tumbuh 3 persen.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2021