TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Samakan Harga, Peritel BBM Harus Mau Subsidi Silang

Saat ini tengah digodok aturan di kementerian ESDM.
Samakan Harga, Peritel BBM Harus Mau Subsidi Silang
Isi bensin harga bensin BBM di SPBU ( REUTERS/Beawiharta)

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan saat ini tengah menggodok aturan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di Indonesia. Nantinya mulai dari Sumatera hingga Papua, akan ada satu harga untuk BBM jenis tertentu.  

Diantara aturan yang sedang digodok, salah satunya pemerintah akan mewajibkan pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di luar pulau Jawa. Pembangunan SPBU di luar Jawa dinilai akan dapat menurunkan harga BBM yang melambung tinggi. 

"Satu, ada kewajiban membangun SPBU di daerah yang biasanya harganya lebih tinggi dari Jawa. Karena biasanya bangun di Jawa saja atau daerah yang padat atau yang konsumsinya besar mungkin enggak fair. Kalau mau seluruh Indonesia harus dibangun," tutur Jonan usai rapat di Komisi VII DPR RI, Senayan, Kamis 20 Oktober 2016. 

Tak hanya itu, mantan Menteri Perhubungan itu menegaskan bahwa dalam aturan yang tengah digodok itu, semua distributor BBM harus mau menerima skema subsidi silang yang nantinya akan diterapkan pemerintah. 

"Kebijakannya yang kedua, semua badan usaha penyalur ritel harus mau terima subsidi silang dan sebagainya, jadi prinsipnya Kementerian ESDM sangat mendukung dan ini kita harus bersyukur bahwa presiden menetapkan harga BBM yang sama," kata dia. 

Ia mengatakan aturan BBM satu harga akan betul-betul efektif berlaku pada tahun depan. "Tahun depan (berlaku)," ujar Jonan.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP