TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

BI: Pertumbuhan Ekonomi Hanya 5% di Kuartal III

Konsumsi masyarakat diperkirakan masih terbatas.
BI: Pertumbuhan Ekonomi Hanya 5% di Kuartal III
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berencana menerapkan kebijakan plastik berbayar pada ritel modern di kota-kota besar di Indonesia. (ANTARA//Adeng Bustomi)

VIVA.co.id – Bank Indonesia (BI) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2016 hanya mampu tumbuh lima persen. Proyeksi tersebut menilik aktivitas ekonomi nasional pada kuartal ketiga tidak akan sekuat dari perkiraan sebelumnya.

“Kami sampaikan masih sekitar lima persen di kuartal ketiga. Masih dalam range segitu,” kata Direktur Eksekuif Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Juda Agung dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis 20 Oktober 2016.

Menurut Juda, konsumsi masyarakat diperkirakan masih terbatas. Sementara dari sisi penanaman modal, perbaikan investasi swasta, khususnya nonbangunan diperkirakan masih belum kuat. Di samping itu, stimulus fiskal pun diperkirakan masih terbatas.

Hal tersebut sejalan dengan penyesuaian belanja pemerintah, pada semester II-2016. Sedangkan dari sisi eksternal, melemahnya perekonomian global dan perdagangan dunia mengakibatkan perbaikan di sektor riil masih tertahan.

“Kami perkirakan dengan indikator-indikator yang ada, termasuk dari sisi konsumsi, investasi dan belanja pemerintah. Ekspor pertumbuhannya lebih rendah dari yang kami perkirakan,” katanya menambahkan.

Dengan perkembangan tersebut, bank sentral memperkirakan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan tahun ini cenderung mendekat di batas bawah kisaran 4,9 persen-5,3 persen secara year on year. Diharapkan, pelonggaran kebijakan moneter mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP