TUTUP
TUTUP
BISNIS

Skema Ini Bisa Gantikan Peran APBN dalam Pembiayaan Proyek

Skema KPBU ini sudah lama diwacanakan tapi baru realisasikan saat ini.
Skema Ini Bisa Gantikan Peran APBN dalam Pembiayaan Proyek
Infrastruktur Tol Cipali Terus Dikebut (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional /Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengaku yakin skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)  bisa menjadi model dalam pembiayaan proyek pembangunan infrastruktur, selain dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Untuk itu, dia berharap agar skema KPBU ini bisa mulai dilakukan, dalam setiap pengerjaan proyek-proyek infrastruktur nasional ke depan.

"Sekali KPBU ini jalan, maka ini akan jadi model (pembiayaan proyek), daripada mereka selalu meminta tambahan APBN dalam setiap proyeknya," kata Bambang dalam acara Pers Briefing Dua Tahun Kerja Nyata Jokowi-JK, di Kementerian Sekretaris Negara, Jumat 21 Oktober 2016.

Dia menyatakan skema KPBU ini akan dilaksanakan baik untuk pembangunan pelabuhan, jalur tol, pembangkit listrik, maupun sistem penyediaan air minum (SPAM).

Bambang mengaku, sebenarnya skema KPBU ini sudah lama diwacanakan oleh para pemangku kebijakan terdahulu. Namun, realisasi di lapangan memang baru benar-benar dilakukan saat ini.

Mengingat kondisi keuangan negara yang saat ini tidak begitu baik, KPBU diharapkan bisa memutus rantai ketergantungan pada APBN bagi proyek-proyek pembangunan infrastruktur. Hal ini agar pembiayaannya menjadi lebih mudah di masa-masa mendatang.

"Yang dilakukan pemerintah sekarang ini adalah merealisasikan wacana yang dari dulu hanya jadi wacana saja," kata Bambang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP