Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Menteri Susi Klaim Kesejahteraan Nelayan Meningkat

Kapal Ikan Nelayan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, memaparkan capaian kinerja kementeriannya dalam masa dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Riset Ungkap Dampak Bantuan Pemerintah ke Sektor Perikanan Tangkap

Susi mengklaim kesejahteraan nelayan Indonesia meningkat pada masa kepemimpinannya. Itu ditunjukkan dengan indikator nilai tukar nelayan (NTN) yang awalnya pada tahun 2014 sebesar 102, menjadi 110 pada tahun 2016. 

"Seandainya tidak ada kontraksi harga bapok (bahan pokok) dengan dicabutnya subsidi, daya beli nelayan bisa di angka 110 lebih," kata Susi dalam press briefing dua tahun kerja nyata Jokowi-JK, di Kementerian Sekretariat Negara, Jumat 21 Oktober 2016..

10 Ribu Pembudidaya Perikanan Dibidik Masuk Ekosistem eFishery 2021

Menurut Susi sebelum masa pemerintahan Jokowi-JK, kesejahteraan nelayan cenderung menurun. "Dari realita yang ada selama sepuluh tahun sebelum Jokowi ada penurunan jumlah rumah tangga (RT) nelayan, turun jauh jumlahnya. Dari 1,6 juta awalnya menjadi hanya 868.414 pada 2013," katanya. 

Susi menjelaskan, hilangnya sekitar 50 persen rumah tangga nelayan tersebut dikarenakan persoalan bahan mentah. Selain itu, ada sebanyak 115 eksportir perikanan yang gulung tikar pada rentang waktu itu. 

Disebut Menteri Terbaik Hasil Lembaga Survei, Prabowo: Itu Jadi Beban

"Selain nelayan berkurang, perusahaan banyak tutup tidak bisa ekspor. Kurang lebih bisnis perikanan kehilangan US$6-7 miliar selama sepuluh tahun," kata Susi. Menurut Susi, hal itu yang menjadi pekerjaan rumahnya selama memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Tambak Udang Vaname yang dikelola oleh eFishery dan Baba Rafi.

Jangan Patah Semangat Bisnis Akuakultur, Bisa Coba Cara Ini

Laju bisnis akuakultur tumbuh 21 persen selama enam tahun terakhir, jauh di atas sektor tangkapan ikan yang hanya tumbuh 3 persen.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2021