Investival 2016, Jurus Terbaru BEI Rayu Warga Jadi Investor

Indonesia Investment Festival (Investival) 2016
Sumber :
  • Romys Binekasri / VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali menyelenggarakan Indonesia Investment Festival (Investival). Ini pameran lanjutan dari program pengembangan pasar modal, Yuk Nabung Saham, yang telah diluncurkan pada 12 November 2015 lalu.

Papan Bursa Kusus Emiten Teknologi Diluncurkan Desember 2022, Intip Uji Coba BEI

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Alpino Kianjaya, mengatakan pihaknya mencanangkan target pengunjung dari pameran ini sebanyak 7.500 orang. Pameran yang digelar di di Atrium Utama Mall Taman Anggrek itu akan berlangsung selama tiga hari selama 21-23 Oktober.

"Pameran Investival 2016 juga diselenggarakan selama Oktober 2016 di 21 kota di Indonesia sesuai dengan Bulan Inklusi Keuangan yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," ujarnya, Jumat 21 Oktober 2016.

IHSG Masih Berpeluang Menguat, Simak Saham-saham Pilihan Hari Ini

Alpino melanjutkan, Investival 2016 merupakan program sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh BEI, KPEI dan KSEI, yang didukung oleh OJK yang bertujuan membangun tingkat kesadaran dan ketertarikan masyarakat umum mengenai pasar modal dan investasi modal.

Tujuan lainnya adalah memberikan edukasi mengenai pasar modal sehingga tertanam kebutuhan untuk berinvestasi di pasar modal serta menambah jumlah investor baru dan meningkatkan jumlah investor aktif di BEI.

Perangnya di Ukraina Kok Pasar Modal RI Negatif, Ini Sebabnya

Seminar akan diisi oleh para pakar perencana keuangan, pakar investasi pasar modal, serta public figure yang merupakan investor pasar modal. Acara ini juga melibatkan berbagai komunitas dan Asosiasi di pasar modal.

Pameran tersebut akan diisi pameran dari 23 perusahaan efek, tujuh manajer investasi dan satu perusahaan tercatat. Untuk memeriahkan Investival, juga diisi dengan talkshow dan hiburan.

Ajang ini diikuti sejumlah anak usaha Self Regulatory Organization (SRO), diantaranya PT Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI) PT Penyelenggara Program Perlindungan Investor Efek Indonesia (P3IEI), dan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI). Pengunjung dapat mengikuti acara ini secara gratis alias tidak dipungut biaya.

Menurut Alpino, salah satu perbedaan pameran Investival 2016 dengan pameran pasar modal yang telah diselenggarakan sebelumnya adalah selain diadakan di luar area gedung BEI, pameran ini juga didukung oleh perusahaan efek Anggota Bursa yang telah menjadi mitra dari program Yuk Nabung Saham.

"Sehingga Pameran Investival 2016 dapat mengakomodasi konsep Yuk Nabung Saham, yakni pembelian saham secara rutin dan berkala," ujarnya.

Selain di Jakarta, Investival 2016 rencananya akan diselenggarakan selama Oktober 2016 di 20 kota lainnya yakni Surabaya, Bandung, Banda Aceh, Padang, Jambi, Palembang, Medan, Riau, Lampung, Batam, Yogya, Semarang, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Makassar Kendari, dan Jayapura.

Untuk menarik minat pengunjung BEI bersama KPEI akan memberikan insentif berupa asuransi dengan uang pertanggungan Rp10 juta bagi setiap pengunjung pameran yang membuka rekening saham, dengan nominal minimal Rp500 ribu.

Pengunjung juga akan mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan untuk produk menjadi seorang investor di pasar modal, mulai dari mekanisme, dan informasi lainnya.

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya