TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Strategi BEI Ajak Masyarakat Investasi di Saham

Lebih menguntungkan nabung di saham ketimbang nabung di bank.
Strategi BEI Ajak Masyarakat Investasi di Saham
Suasana Bursa Efek Indonesia (BEI). (VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin)

VIVA.co.id – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan terus berupaya melakukan berbagai kegiatan sosialisasi terkait investasi di pasar modal. Salah satunya dengan menggelar pameran ‘Yuk Nabung Saham’ dengan judul Indonesia Invesment Festival (Investival) 2016.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Alpino Kianjaya menyampaikan, melalui pameran yang digelar di Mal Taman Anggrek tersebut BEI berupaya membuka wawasan masyarakat awam tentang investasi di pasar modal.

Di samping melakukan edukasi pada masyarakat, Alpino mengajak masyarakat mulai berpindah cara pandang dari kebudayaan konsumtif menjadi menabung saham.

"Selama ini kebanyakan masyarakat lebih konsumtif belanja produk-produk Unilever, misalnya. Kenapa tidak kita sisihkan uang tersebut untuk kita beli kan saham perusahaannya," ujarnya di Mal Taman Anggrek, Jakarta, Jumat, 21 Oktober 2016.

Alpino juga membandingkan antara kebiasaan menabung di bank dengan menabung saham. Menurutnya menabung di bank tidak banyak memiliki manfaat lebih, sebab bunganya tidak lebih dari inflasi.

"Contoh kita menabung di bank Rp10 jutaan, bunga setahunnya paling enam persen. Kalau perbulannya bunganya itu paling tidak melebihi biaya administrasinya Rp17 ribu. Bagaimana kita bisa kaya," tuturnya.

Sementara jika menabung saham selain memiliki return yang tinggi juga bisa dimulai dengan dana yang sangat kecil, bahkan hanya dengan uang Rp50 ribu.

"Saya kasih contoh ada saham emiten properti harganya cuma Rp500 kalau beli satu lot kali 100 cuma Rp50 ribu. Kita sudah jadi pemegang saham, kenapa kita tidak beli sahamnya. Ini agar adik-adik kita bisa paham bahwa uang itu bisa digunakan untuk yang positif untuk investasi masa depan," ujarnya.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP