Paket Ekonomi Dituding Tak Efektif, Ini Kata Menteri Darmin

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Implementasi 13 paket kebijakan ekonomi pemerintah sampai saat ini masih dipertanyakan oleh beberapa kalangan. Berbagai insentif yang diberikan, dianggap belum sepenuhnya menggeliatkan perekonomian dalam negeri.

Siapkan Stimulus Jilid II Hadapi Corona, Airlangga: Ada Delapan Paket

Lantas, bagaimana respons Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyikapi hal tersebut? "Kata siapa? Kalau orang belum memanfaatkan, mau gimana? Memangnya bisa menyuruh orang memanfaatkan?" tegas  Darmin saat ditemui di kantornya, Jakarta Jumat 21 Oktober 2016.

Darmin menjelaskan, berdasarkan survei yang ada, hampir seluruh masyarakat Indonesia mulai mengerti paket stimulus yang diluncurkan pemerintah. Meski begitu, untuk pelaksanaannya memang tidak bisa begitu saja diukur secara rinci. "Survei sudah jelas. Hasilnya ada yang 40 persen. 90 persen juga ada," ungkapnya.

5 Usaha Kembali Masuk Daftar Negatif Investasi Demi Lindungi UMKM

Menurutnya, pemerintah sudah tidak perlu lagi memberikan insentif apapun, untuk meningkatkan investasi swasta. Lagipula, lanjut mantan Gubernur Bank Indonesia itu, pemerintah pun akan memberikan proyek-proyek infrastruktur, jika sektor swasta meminatinya. “Yang penting itu masuk ke infrastruktur, jelas proyeknya apa," katanya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Intip Bocoran Stimulus Fiskal Jilid III dari Sri Mulyani

Stimulus diberikan untuk menjaga cash flow perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2020