KEIN Minta RI Belajar dari Korsel Kembangkan Ekonomi Kreatif

Pembuat kerajinan tangan buah kering
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA.co.id – Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) meminta pemerintah belajar dari negara tetangga seperti Korea Selatan (Korsel), yang berhasil mendukung perkembangan ekonomi kreatif menjadi salah satu penopang laju pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

Gibran Ungkap 5 Juta Peluang Lapangan Kerja di Sektor Kelestarian Lingkungan atau ‘Green Jobs’

Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta dalam sebuah diskusi di Jakarta, mengungkapkan, munculnya ekonomi kreatif murni berasal dari ide dan kreativitas seluruh elemen masyarakat. Pemerintah, kata dia, dalam hal ini bisa mendukung untuk memuluskan bisnis yang diciptakan oleh para pelaku industri kreatif.

Perkembangan di Korea saat ini, Arif menjelaskan, industri ekonomi kreatifnya didukung penuh oleh pemerintah. Akibatnya, ekonomi kreatif bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, yang pada akhirnya mampu memberikan kontribusi lebih besar kepada ekonomi negeri Ginseng tersebut.

Ganjar Cerita Pemuda Modifikasi Mobil Bernilai Miliaran Urus Dokumen Kendaraan Dipersulit

"Ekonomi kreatif itu datang dari rakyat sendiri. Kenapa ekonomi kreatif di Korea bisa berkembang? Karena didukung oleh pemerintah. Pemerintah memberikan kemudahan," kata dia dalam diskusi di Jakarta, Sabtu, 22 Oktober 2016.

Adapun perkembangan industri kreatif di Indonesia saat ini mulai meluas. Misalnya, produk-produk kerajinan tangan maupun industri perfilman Nasional. Dan industri ini bisa semakin bertumbuh lantaran Indonesia didukung dengan keanekaragaman budaya.

Sandiaga Uno Sebut Mesin Politik PPP Sudah 'Gercep', 'Geber', dan Sekarang 'Gaspol'

Dengan adanya peran pemerintah untuk membantu mengembangkan industri kreatif, bukan tidak mungkin sektor tersebut bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Dengan begitu, tidak lagi mengandalkan indikator yang selama ini belum tentu bekerja optimal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Jadi, bukan dikebiri, atau dibiarkan mati," ujar Arif. (asp)

Floratama Learning Center

Floratama Learning Center, Solusi Jadikan Labuan Bajo Flores Destinasi Super Prioritas

Melalui program ini, diharapkan meningkatkan kemampuan SDM untuk bisa mengelola, pariwisata dengan baik dan menjadikan Labuan Bajo Flores sebagai destinasi prioritas

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2024