Dua Tahun Pemerintahan Jokowi, DPR Puji Reformasi Energi

Anggota Komisi VII DPR RI Satya Widya Yudha
Sumber :

VIVA.co.id – Dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), sejumlah kebijakan di bidang energi patut diapresiasi. Jokowi-JK telah berhasil mereformasi di sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM).

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Hal itu diutarakan oleh anggota Komisi VII DPR, Satya Widya Yudha, yang juga adalah ketua bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Partai Golkar.  

Satya membeberkan sejumlah pencapaian yang telah dilakukan pemerintahan Jokowi-JK, salah satunya adalah pembubaran anak usaha PT Pertamina, PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral).  

Airlangga Minta Industri Migas Maksimalkan Teknologi Hijau

"Pembubaran Petral sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi pengadaan minyak mentah untuk kebutuhan dalam negeri," kata Satya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Senin 24 Oktober 2016.

Dia menambahkan, kebijakan lain yang menonjol adalah penghapusan subsidi untuk premium, lalu subsidi solar dibuat menjadi subsidi tetap Rp1.000 per liter.  "Pemangkasan ini membuat keuangan negara lebih sehat," ujarnya.  

Intip Strategi SKK Migas Kejar Produksi Minyak 1 Juta BOPD pada 2030

Menurut Satya, upaya penyederhanaan izin pun patut diapresiasi. Sudah banyak izin yang dihapus, dibuat online, maupun dibuat satu pintu di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) lewat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Industri hulu migas (ilustrasi)

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

IDSurvey sebagai Holding BUMN Jasa Survei turut serta dalam pameran Forum Kapasitas Nasional III 2023. Diharapkan bisa mendukung industri migas nasional.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023