TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Musim Hujan Perlahan Kembali Kerek Naiknya Harga Cabai 

Hanya cabai merah keriting yang turun di kisaran Rp4-Rp10 ribu per kg.
Musim Hujan Perlahan Kembali Kerek Naiknya Harga Cabai 
Komoditas cabai merah di pasar (VIVa.co.id/Shintaloka Sicca)

VIVA.co.id – Harga komoditas cabai belakangan ini sedang mengalami kenaikan tinggi, khususnya cabai merah. Harga naik berkisar Rp70 ribu per kilogram (kg), dari sebelumnya berkisar Rp40 ribu per kg.

Menurut pantauan VIVA.co.id di pasar Warung Buncit dan pasar Mampang Jakarta Selatan, selain cabai merah, cabai hijau naik dari Rp22-Rp25 ribu per kg menjadi Rp26-Rp30 ribu per kg. Kemudian, cabai rawit merah dari Rp30-Rp35 ribu per kg menjadi Rp45 ribu per kg. Lalu, cabai rawit hijau sebelumnya Rp25 ribu per kg menjadi Rp40 ribu per kg.

Sedangkan pada cabai merah keriting, justru mengalami penurunan harga. Saat ini, harga sekitar Rp60-Rp66 ribu per kg, dari sebelumnya ada di sekitar Rp70 ribu per kg.

"Sementara ini, kenaikan harga pangan, rata-rata baru pada jenis cabai-cabaian," ucap salah satu pedagang di pasar Warung Buncit, Budi (42), pada Senin 24 Oktober 2016.

Salah satu pedagang di pasar Mampang Usman (23) mengatakan, kenaikan harga beberapa jenis cabai ini, karena adanya faktor cuaca hujan yang mengakibatkan cabai gampang busuk. "Karena cuaca hujan, jadi busuk akhirnya mahal," ujarnya.

Sementara itu, pada komoditas lain seperti bawang masih dalam kondisi stabil dalam beberapa bulan ini. Bawang putih stabil pada harga Rp35-Rp40 ribu per kg. Sedangkan bawang merah, turun sekitar seminggu ini dari Rp40-Rp50 per kg menjadi Rp34-Rp40 ribu per kg.

Salah satu pembeli Sudarti (51) mengatakan, perubahan ini tidak terlalu dirasakannya, karena biasanya pun ia membeli hanya seperlunya dan langsung membayar mengikuti harga.

"Enggak tahu harganya. Biasanya digabung, cabai ini seperempat, ini seperempat, lalu bayar saja sesuai harga dari penjualnya. Enggak hitung satu-satunya," ungkap dia. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP