TUTUP
TUTUP
BISNIS

Hemat Pengeluaran Sesuai Gaji, Ini Caranya

Yang memiliki gaji pas-pasan harus bijak mengatur keuangan.
Hemat Pengeluaran Sesuai Gaji, Ini Caranya
Mengelola gaji (Dokumentasi HaloMoney)

VIVA.co.id – Setiap orang tentu memiliki kondisi keuangan yang berbeda-beda, baik dari sisi penghasilan maupun pengeluaran. Tentunya bagi yang berpenghasilan tinggi, mengelola keuangan dapat lebih fleksibel. 

Sementara, bagi yang berpenghasilan pas-pasan maka kondisi keuangannya cukup ketat dan pilihan untuk berinvestasi pun tidak begitu luas. Padahal, dewasa ini kebutuhan dan pengeluaran semakin tinggi. 

Apalagi ditambah dengan berbagai godaan untuk menyesuaikan dengan gaya hidup modern. Lalu bagaimana strategi menghemat sesuai dengan pendapatan Anda? Tips berikut mungkin dapat membantu Anda.

1. Buat anggaran pengeluaran Anda

Anggaran yang disusun bukan hanya memperhitungkan pengeluaran untuk kebutuhan harian, tetapi juga untuk pembayaran utang-utang yang sudah ada sebelumnya. Susunlah daftar pengeluaran Anda dan perhitungkan berapa dana yang dapat Anda tabung. 

Setelah itu, sisihkan dana tersebut setiap menerima penghasilan dan langsung Anda masukan ke dalam pos tabungan.

2. Bayarlah utang atau tagihan kartu kredit

Anda sulit untuk berhemat bila masih terjerat dalam hutang. Oleh karena itu, mulailah untuk melunasi utang-utang yang ada. Begitu utang lama sudah lunas, maka dana yang biasanya untuk mencicil utang dapat digunakan untuk ditabung atau diinvestasikan.

3. Bijak dalam mengelola tunjangan hari raya

Setelah mendapat tunjangan hari raya, tak jarang orang langsung berpikir untuk membelanjakannya dalam rangka merayakan hari raya. Tentu tidak salah untuk merayakan hari raya dengan kegembiraan. 

Namun Anda harus kembali melihat kondisi keuangan Anda. Bila memang kondisi keuangan sedang ketat dan mempunyai utang, tidak ada salahnya bila kelebihan pendapat dalam bentuk tunjangan tersebut digunakan untuk melunasi utang atau membeli kebutuhan yang utama terlebih dahulu. 

Esensi dari hari raya bukan hanya mengenai kemeriahan dalam perayaan, tetapi pada hikmah dan kebersamaan yang didapat.

4. Bawalah bekal untuk makan siang

Baik Anda merupakan pekerja atau wirausaha, tidak ada salahnya untuk membawa bekal sendiri. Selain lebih higienis dan sehat, membawa bekal juga ramah bagi kantong Anda. 

Mungkin terasa sedikit merepotkan tapi efeknya sungguh terasa. Selain itu, performa kinerja Anda juga dapat meningkat karena saat istirahat siang Anda tidak perlu bingung memikirkan harus membeli dimana dan juga menghemat waktu.

5. Manfaatkan diskon atau promosi

Cermatlah dalam menyimak iklan diskon atau promosi di berbagai media. Biasanya banyak produk kebutuhan sehari-hari yang diberikan diskon pada hari tertentu. Harga yang ditawarkan juga cukup murah dibanding harga normal.

6. Terapkan sistem amplop

Buatlah sistem amplop sehingga setiap pos pengeluaran mempunyai amplop masing-masing. Misalnya ada amplop untuk makanan, transportasi, dan hiburan. Sehingga bila dana dalam amplop tersebut sudah berkurang, Anda dapat segera tersadar untuk mengontrol pengeluaran di pos tersebut. 

Sistem ini membantu Anda agar dapat lebih disiplin dalam mengelola anggaran.Anda tidak perlu menunggu untuk memperoleh penghasilan yang tinggi untuk melakukan kebiasaan tersebut. 
Harapannya adalah dari kebiasaan tersebut akan membuat kondisi keuangan Anda semakin baik di masa depan.
 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP