TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Setelah 32 Tahun, Tiga Desa Ini Akhirnya Menikmati Listrik

PLN telah berinvestasi sebesar lebih dari Rp11 miliar.
Setelah 32 Tahun, Tiga Desa Ini Akhirnya Menikmati Listrik
Peresmian penyalaan listrik di tiga desa yang terletak di Kecamatan Telaga  (Dok. PLN)

VIVA.co.id – Setelah 32 tahun berdiri, tiga desa di Kalimantan Tengah, akhirnya dapat menikmati listrik di malam hari. Tiga desa yang mendapat aliran listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah Desa Batu Agung, Desa Tri Buana, dan Desa Bukit Indah.

Bertepatan dengan peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-71 yang mengusung tema "Kerja Nyata Terangi Negeri," PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng), melalui program Listrik Desa (Lisdes) meresmikan penyalaan listrik di tiga desa yang terletak di Kecamatan Telaga Antang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin 24 Oktober 2016.

"Setelah 32 tahun ketiga desa ini berdiri, akhirnya hari ini sejarah mencatat, masyarakat Desa Batu Agung, Desa Tri Buana, dan Desa Bukit Indah dapat menikmati aliran listrik. Terima kasih kepada PLN yang telah berhasil merealisasikan mimpi masyarakat disini," ujar Bupati Kotawaringin Timur, Sopian Hadi, seperti dikutip dari siaran persnya di Jakarta, Selasa 25 Oktober 2016.

Jumlah pelanggan yang dinyalakan di Desa Batu Agung, sebanyak 228 pelanggan, Desa Tri Buana sebanyak 101 pelanggan, serta Desa Bukit Indah sebanyak 228 pelanggan, dan akan terus bertambah, seiring dibukanya permohonan penyambungan baru oleh PLN.

Sopian mengucapkan terima kasih kepada PLN. Diutarakannya, walaupun medan menuju ketiga desa tersebut sangat sulit, karena akses jalan yang masih berupa tanah perbukitan.

Namun, PLN akhirnya berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan listrik sepanjang 49 kilometer sirkuit (kms), yakni 24 kms dibangun PLN melalui program listrik desa, sedangkan 25 kms sharing antara PLN bersama PT Unggul Lestari.

"PLN telah berinvestasi sebesar lebih dari Rp11 miliar. Investasi sebesar itu dikucurkan selain untuk membangun jaringan listrik, juga untuk membangun saluran udara tegangan rendah (SUTR) sepanjang 13 kms dan trafo sebanyak tujuh unit dengan total kapasitas mencapai 500 kilo volt ampere (kVA)," ujar Manajer Bidang Niaga PLN Kalselteng, M. Aries.

Aries juga berterima kasih kepada Bupati yang telah berkenan untuk mengajak masyarakat turut menjaga kehandalan listrik dengan cara memangkas pohon. Menurutnya, kesadaran bersama untuk memangkas pohon juga bermanfaat untuk keselamatan bersama. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP