TUTUP
TUTUP
BISNIS

Mendag Klaim Harga Cabai Sudah Turun

Stok cabai masih cukup, harga tinggi tidak akan lama.
Mendag Klaim Harga Cabai Sudah Turun
Komoditas cabai merah di pasar (VIVa.co.id/Shintaloka Sicca)

VIVA.co.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengklaim, harga cabai yang melambung tinggi di pasaran sudah mulai turun. Menurutnya, setelah melalui survei di beberapa pasar, harga cabai sudah berada di rata-rata Rp40 ribu per kilogram (kg).

Sebelumnya, harga di pasar berkisar di rentang Rp50 ribu-Rp60 ribu per kg. Menurut Mendag, tingginya harga karena faktor cuaca, namun dipastikan pasokan dari bahan pangan tersebut aman. 

"Hari minggu kemarin, harga cabai yang dilihat sudah mulai turun rata-rata di empat pasar sudah Rp40 ribu rupiah dari sebelumnya, rata-rata Rp50 ribu," kata Enggar dalam press briefing dua tahun kerja nyata Jokowi-JK, di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 25 Oktober 2016 

Menurut dia, harga cabai yang cukup jauh dari harga acuan, karena adanya kondisi cuaca alam yang belum stabil. Sehingga, para petani tidak bisa melakukan panen. 

"Kalau harga acuan memang (belum sesuai) karena kondisi cuaca yang hujan, memang itulah yang terjadi, kalau hujan dia (petani) tidak mau memetik cabai," kata Enggar. 

Ia mengatakan, persoalan sistem transportasi dan distribusi masih menjadi persoalan tingginya harga cabai. Setelah musim hujan selesai, Mendag berharap, harga cabai akan kembali normal. 

"Transportasi menjadi persoalan, tetapi dari sisi stok cabai masih cukup, kenaikan ini tidak akan terlalu lama," kata dia. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP