Bursa Calon Ketua Umum Golkar

Siswono Wanti-wanti Cukongisme di Golkar

VIVAnews - Anggota Dewan Penasihat Golkar, Siswono Yudhohusodo, mengingatkan para pemilik suara di Musyawarah Nasional Golkar nanti agar tidak terjebak politik uang. Jangan gadaikan aspirasi demi kebutuhan dana operasional partai.

"Memang dalam politik sekarang membutuhkan biaya yang sangat tinggi, tapi organisasi apapun, paling baik kalau didukung oleh anggota-anggotanya sendiri," kata Siswono. "Jangan sampai ada cukongisme di dalam berpolitik di partai. Nanti partai itu bisa jadi tergadaikan, yang paling baik itu partai yang dibiayai dari iuran anggotanya. Jadi setiap anggota mempunyai hak yang sama dengan yang lain," katanya di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu 19 Agustus 2009.

Siswono memahami kecenderungan saat ini memang ada pragmatisme yang berlebihan. Menjalankan organisasi partai yang sebesar ini tidak murah. Untuk membiayai tenaga staf dan operasional seperrti listrik dan telepon di DPP saja, kata dia, begitu banyak hingga, ratusan juta rupiah setiap bulan.

Oleh karena itu, Siswono secara pribadi senantiasa berusaha menumbuhkan idealisme yang tinggi di dalam jajaran partai Golkar. "Kenyataan sekarang, pragmatisme memang masih sangat tinggi. Tapi tidak betul kalau semata-mata hanya dana. Dana itu memang penting tapi tidak segala-galanya. Para pemilih yang 514 ini juga saya yakin bisa menilai unsur-unsur yang lain, selain kekuatan dana," kata Siswono.

Penentu suara di Munas itu ada 514 suara, yaitu 470 dari DPD II, 33 dari DPD I, 10 dari organisasi sayap dan 1 dari DPP. Saat ini terdapat beberapa nama yang menyatakan niat menakhodai Golkar. Selain Tommy, Aburizal, Surya dan Yuddy Chrisnandi, ada pula Ferry Mursyidan Baldan. Sementara Jusuf Kalla, Ketua Umum sekarang, memilih tak melanjutkan lagi tongkat kepemimpinan. Pergantian kepemimpinan Golkar digelar dalam Musyawarah Nasional yang diagendakan pada 4-7 Oktober 2009 di Riau.

Tommy sendiri terganjal aturan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Golkar yang mensyaratkan calon ketua umum haruslah pernah menjadi pengurus DPP atau DPD I Golkar. Tommy hanya memenuhi syarat telah menjadi kader Golkar selama lebih dari 10 tahun.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini
Kejadian Kebakaran cukup besar melanda sebuah toko bingkai Saudara Frame dan Galeri di Jalan Mampang Prapatan Raya, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis 18 April 2024 malam.

Kebakaran Toko Bingkai Mampang, 5 Orang Terluka Dilarikan ke RS

Kejadian kebakaran cukup besar melanda sebuah toko bingkai Saudara Frame dan Galeri di Jalan Mampang Prapatan Raya, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis, 18 April 2024 mal

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024