TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Bursa Australia Pimpin Pelemahan Pasar Saham Asia

Bursa Asia Pasifik tertekan penurunan harga minyak.
Bursa Australia Pimpin Pelemahan Pasar Saham Asia
Bursa Efek Australia atau Australian Securities Exchange (ASX) (REUTERS/Steven Saphore)

VIVA.co.id – Bursa saham Australia, memimpin merosotnya pasar saham di kawasan Asia Pasifik pada pembukaan pagi ini. Terjelembabnya saham sub sektor energi, menjadi pemicu pelemahan bursa di negeri Kangguru tersebut. 

Dilansir dari CNBC, Rabu 26 Oktober 2016, indeks ASX 200 dibuka anjlok 1,2 persen pada pembukaan pagi ini. Sub sektor energi turun 2,17 persen, karena anjloknya harga minyak, diikuti dengan penurunan sektor keuangan sebesar 1,17 persen. 

Empat bank besar di negara tersebut yang biasa disebut big four, pergerakan sahamnya negatif pagi ini. Dipimpin oleh saham Westpac 1,26 persen, diikuti Commonwealth Bank of Australia turun 1,21 persen, National Australia Bank terkoreksi 1,04 persen, dan ANZ melemah 0,93 persen. 

Merosotnya bursa di kawasan tersebut, juga dipicu oleh pelemahan bursa Wall Street. Di Jepang, indeks Nikkei 225 turun 0,23 persen, indeks Topix turun 0,12 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan merosot 0,49 persen. 

Seperti diketahui, harga minyak tergelincir pada perdagangan Selasa, minyak mentah berjangka Amerika Serikat jatuh 1,1 persen ke level US$49,96 per barel. Sementara itu, produk Brent, turun dibanderol US$50,79 per barel. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP