TUTUP
TUTUP
BISNIS

Menko Luhut Targetkan 5 Juta Wisatawan ke Mandalika Lombok

KEK Mandalika dapat bantuan pendanaan dari Bank Dunia Rp3,9 Triliun.
Menko Luhut Targetkan 5 Juta Wisatawan ke Mandalika Lombok
Pantai Mandalika, Lombok Tengah (Viva.co.id/Kusnandar)

VIVA.co.id – Kementerian Koordinator Kemaritiman melakukan upaya percepatan realisasi pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika di Lombok. Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, menargetkan tahun depan pembangunan kawasan ini bisa segera dijalankan.

Ia mengatakan, Mandalika termasuk salah satu kawasan pariwisata yang akan mendapat bantuan dari Bank Dunia sebesar US$300 juta atau Rp3,9 triliun, bersama dengan kawasan wisata Borobudur dan Danau Toba. Ia menargetkan jumlah wisatawan ke Mandalika bisa meningkat hingga lima juta orang.

"Jumlah turis sekarang satu juta (wisatawan per tahun), kita mau jumlahnya meningkat hingga lima juta," ujar Luhut dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id pada Rabu, 26 Oktober 2016.

Dia menyatakan, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah akan bekerjasama untuk mensosialisasikan pembangunan KEK Mandalika. Pembangunan ini untuk kesejahteraan rakyat setempat.

Menurutnya, kalau sektor pariwisata berkembang, turis berkembang, maka semua sektor perekonomian di daerah Mandalika akan berkembang pula, seperti pertanian, kerajinan tangan, industri, dan perekenomian rakyat, seperti dengan membuka warung makan.

Sejumlah investor asing juga telah memberikan komitmen untuk berinvestasi dalam pembangunan KEK Mandalika, seperti Pullman dan Club Med.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP