TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Tips Berlibur Tanpa Habiskan Seluruh Tabungan 

Anda justru harus pintar-pintar menggunakan uangmu, agar tidak tekor.
Tips Berlibur Tanpa Habiskan Seluruh Tabungan 
ilustrasi liburan tanpa habiskan tabungan (Halomoney.co.id)

VIVA.co.id – Bisa berlibur di akhir tahun dengan tenang dan nyaman, tentu menjadi impian semua orang. Tapi apa jadinya, jika setelah liburan uang tabungan Anda meleleh habis tak tersisa. Akibatnya, setelah liburan, Anda bukan memiliki semangat baru, tetapi justru mengalami kesulitan finansial.

Kesalahan ini tidak perlu terjadi, jika Anda selalu menambah pengetahuan finansial. Sebab itu, Halomoney.co.id kembali mengingatkan kesalahan finansial ini, agar tidak berulang dan menimpa keuangan para moneysavers.

Menurut Managing Director Halomoney.co.id, Jay Broekman, untuk berlibur di akhir tahun, Anda tidak perlu menguras seluruh isi tabungan Anda. Selama berlibur, atau berada di luar negeri, Anda justru harus pintar-pintar menggunakan uangmu, agar tidak tekor.

Berikut ini tips keuangan dari Jay Broekman jika Anda ingin berlibur ke luar negeri dengan menggunakan uang tabungan yang  telah susah payah kamu kumpulkan.

1. Bijak dengan uang tabungan

Memang, banyak orang menabung untuk maksud tertentu yang berjangka pendek. Misalnya, untuk berlibur ke luar negeri, atau menonton konser band kesukaan di luar negeri. Setelah uang tabungan terkumpul, Anda dapat menggunakan uang tabungan itu sesuai dengan yang Anda rencanakan.

Tetapi, menghabiskan seluruh tabungan yang telah Anda kumpulkan dengan susah payah untuk liburan bukan tindakan yang bijak. Sebaiknya kamu tetap mengalokasikan minimal 20 persen untuk tujuan yang lain. Misalnya, untuk dana darurat selama Anda berlibur. Setelah liburan selesai, jika dana darurat ini tidak digunakan, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan lain, seperti berinvestasi.

2. Membawa uang tunai secukupnya

Selama di luar negeri, sebaiknya Anda membawa uang tunai seperlunya saja. Uang tunai digunakan untuk membayar keperluan kecil di toko, atau merchant (toko) kaki lima yang tak memiliki fasilitas pembayaran kartu kredit. 

Misalnya, jika Anda berada di Singapura, lebih asyik jika sarapan pagi di kedai-kedai melayu yang ada di kawasan pertokoan. Sayangnya, kedai-kedai semacam ini tidak menyediakan mesin transaksi dengan kartu kredit, melainkan hanya dengan uang tunai.

Anda bisa menghitung sendiri kebutuhan uang tunai selama di luar negeri. Uang tunai ini disesuaikan dengan lamanya Anda berada di luar negeri. Semakin lama Anda berada di luar negeri, siapkan uang tunai lebih banyak.

3. Menggunakan kartu kredit

Penggunaan kartu kredit bisa menolong keuangan Anda sekaligus bisa sedikit berhemat.Antara lain Anda bisa mendapatkan diskon, voucher, atau poin reward, dari biro perjalanan wisata atau maskapai penerbangan saat Anda merencanakan liburan.

Selama di luar negeri, Anda sebaiknya tetap menggunakan kartu kredit untuk memudahkan Anda memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Penggunaan kartu kredit akan mengurangi risiko Anda bertransaksi dengan memakai uang tunai. Jika toko atau merchant tempat Anda bertransaksi menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit, sebaiknya Anda menggunakan fasilitas tersebut.

Hanya saja perlu dicatat, sebelum Anda menggunakan kartu kredit di luar negeri, Anda memiliki perkiraan transaksi yang dapat Anda lakukan dengan kartu kredit Anda.

Perkiraan nilai transaksi ini disesuaikan dengan nilai tabungan Anda. Jika tabungan Anda untuk liburan sebanyak Rp10 juta, setelah dikurangi biaya tiket dan akomodasi di luar negeri sebanyak Rp5 juta, berarti Anda hanya memiliki batas maksimal untuk bertransaksi dengan kartu kredit sebanyak Rp3 juta. Sebab sebanyak 20 persen atau Rp2 juta disisakan di tabungan Anda untuk kebutuhan dana darurat.

Misalnya menyesuaikan logo mesin pembayaran  kartu kredit dengan logo kartu kredit Anda agar tidak terkena biaya lebih besar.

4. Melunasi tagihan kartu kredit 

Ini tahapan yang penting. Setelah liburan, Anda harus segera melunasi tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Tagihan tersebut digunakan dengan dana yang ada di rekening tabungan Anda. Sebab itu, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan belanja Anda dengan simpanan Anda di rekening tabungan.

Selain itu, Anda juga perlu melunasi semua tagihan tersebut, jangan sampai Anda hanya membayar tagihan tersebut dengan pembayaran minimal karena nilai tagihan tersebut akan terus terakumulasi dan membesar.

Bijaklah menggunakan tabungan yang telah Anda kumpulkan untuk liburan Anda. Gunakan situs perbandingan Halomoney.co.id untuk memiliki berbagai produk kartu kredit. (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP