TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Dolar AS Melemah, Peluang Rupiah untuk Terus Menguat

Rupiah bakal anteng dibawah Rp13.000 per dolar AS.
Dolar AS Melemah, Peluang Rupiah untuk Terus Menguat
Mata uang rupiah dan dolar AS. (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini, Kamis, 27 Oktober 2016, diperkirakan akan melanjutkan penguatannya meskipun terbatas. Setelah kemarin parkir di zona hijau dengan terapresiasi 1 poin atau 0,01 persen ke posisi Rp13.004 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan, penguatan rupiah pada perdagangan kemarin menunjukkan, adanya sentimen positif yang tersisa dari pelemahan indeks dolar AS.

"Rupiah masih berpeluang menguat di minggu ini," dikutip dari risetnya, Kamis, 27 Oktober 2016.

Menurutnya, indeks dolar AS melemah terhadap mata uang utama lainnya sebesar 0,225 poin atau 0,23 persen ke level 98,494. Hal itu dimanfaatkan rupiah untuk terus naik semampunya.

Menguatnya rupiah terjadi di saat mata uang lainnya di Asia Tenggara bergerak bervariasi. Dolar Singapura terapresiasi 0,08 persen, baht Thailand melemah 0,21 persen, ringgit Malaysia melemah 0,04 persen, dan peso Filipina turun 0,22 persen.

Pihaknya optimis, rupiah masih akan terus bergerak menguat meskipun terbatas hingga akhir minggu ini lantaran masih ada rasa optimisme para terhadap data rilis perekonomian dalam negeri.

Berdasarkan kur referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rat (Jisdor) Bank Indonesia, penguatan rupiah terus terjadi selama pekan ini. Pada perdagangan keuangan antar bank, kemarin, rupiah ditutup Rp12,997 per dolar AS, menguat dari hari sebelumnya yang dibanderol Rp13.022 per dolar AS. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP