Tahun Depan, Jokowi Akan Genjot Infrastruktur

Pengerjaan Proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) di Depok, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – Belanja infrastruktur dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017 ditetapkan sebesar Rp387,3 triliun. Jumlah ini naik dibandingkan usulan yang sebelumnya disampaikan dalam nota keuangan 2017 sebesar Rp336,7 triliun.

PM Kishida Sampaikan ke Prabowo Jepang Akan Berkontribusi di Infrastruktur dan Energi di Indonesia

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kenaikan belanja infrastruktur pada tahun depan merupakan komitmen pemerintah, dalam mempercepat pembangunan infrastruktur dalam menggenjot perekonomian.

“Belanja infrastruktur naik Rp40,8 triliun dari Rancangan APBN 2017,” ujar Ani, sapaan akrab Sri Mulyani di kantornya, Jakarta, Kamis 27 Oktober 2017.

KIP Perintahkan KPU Beberkan Data Rincian Infrastruktur Teknologi Pemilu 2024

Ani merinci total berlanja tersebut berasal dari belanja kementerian/lembaga (k/l), non k/l, transfer daerah dan dana desa hingga pembiayaan. Dari belanja yang berasal dari k/l, anggaran terbesar yang akan digelontorkan berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Yakni, sebesar Rp98,8 triliun. Kemudian disusul dengan Kementerian Perhubungan sebesar Rp42,1 triliun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sebesar Rp3,6 triliun, dan Kementerian Pertanian sebesar Rp2,7 triliun. Sementara dari belanja non k/l, berkontribusi sebesar Rp2,6 triliun.

7 Proyek Waskita di IKN Siap Rampung Semester I-2024, Termasuk Tol dan Gedung Sekretariat Presiden

Melalui transfer daerah dan dana desa, berkontribusi kepada pembangunan infrastruktur sebesar Rp183,7 triliun. Dengan rincian, Dana Alokasi Khusus sebesar Rp32,3 triliun, perkiraan dana desa untuk infrastruktur sebesar Rp24 triliun, dan perkiraan Dana Transfer Umum infrastruktur sebesar Rp124 triliun.

(mus)
 

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Kemenpan-RB menyiapkan 600 formasi untuk rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan 200 ribu di antaranya bakal ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024