Pangeran Cendana Terjun ke Politik

Inilah Kerajaan Bisnis Tommy Soeharto

VIVAnews - Tommy Soeharto turun gunung mencalonkan diri untuk merebut posisi Ketua Umum Golkar. Sontak, munculnya nama Tommy menyemarakkan pertarungan memperebutkan kursi tertinggi partai pohon beringin tersebut.

Banyak kalangan menilai terjunnya Tommy ke politik untuk melindungi bisnisnya yang kini terus menggurita. Lantas bagaimana sesungguhnya gurita bisnis pangeran Cendana tersebut?

Tommy dikenal sebagai pemilik dan pengendali Grup Humpuss yang didirikan pada 1984. Kini, Humpuss menjadi induk perusahaan (holding company) yang memiliki beberapa unit usahanya selain menangani lini bisnis sendiri. Bisnisnya berkibar di berbagai bidang mulai dari energi, batu bara, petrokimia dan transportasi.

Mereka adalah PT Humpuss Patragas, PT Humpuss Trading, PT Humpuss Aromatik, PT Humpuss Pengolahan Minyak, PT Humpuss Karbometil Selulose, PT Gatari Air Service, PT Usaha Gemilang Utama, PT Kaltim Methanol Industri, PT Sekar Artha Sentosa, PT Humpuss Intermoda Transportasi.

Bersama dengan anak-anak perusahaan tersebut, Grup Humpuss mempekerjakan sekitar 2000 karyawan yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Papua.

Menurut pengusaha yang gemar balapan itu, dalam 25 tahun perjalanannya, Humpuss telah mempelopori masuknya Indonesia ke dalam bidang-bidang yang menuntut spesialisasi di atas rata-rata keahlian dan sumber-sumber daya pihak lain pada umumnya.

"Humpuss telah berkembang cepat menjadi aset nasional terkemuka,” ujar Tommy yang kini menjadi Presiden Komisaris Humpuss seperti disebutkan dalam website Humpuss.

Menurut dia, dengan fundamental yang solid seperti sekarang ini, Humpuss mantap mengayunkan langkahnya seiring dengan derap kemajuan Indonesia dalam era industri dan teknologi canggih.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

heri.susanto@vivanews.com

Berita Terfavorit:
1. Inilah Karakter Transaksi Dana Teroris
2. Perekrut Bomber Mengaku Musafir, Padahal..
3. Pengusaha Wanita Ditemukan Tewas Tanpa Busana
4. MU Ditumbangkan Tim Promosi
5. PPATK: Imam Samudera Pernah Terima Dana Asing

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman disegel oleh warga setempat, Kades dituduh hubungan sejenis

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024