TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Boeing dan Airbus Alami Penurunan Pendapatan

Omzet penjualan pesawat Boeing masih lebih baik dari Airbus.
Boeing dan Airbus Alami Penurunan Pendapatan
Pesawat Boeing  (REUTERS/Matt Mills McKnight)

VIVA.co.id – Dua perusahaan produsen pesawat terbesar dunia, yakni Boeing dan Airbus, mengalami penurunan pendapatan imbas dari perlambatan ekonomi dunia. Pendapatan Boeing tergelincir 7,5 persen menjadi US$23,9 miliar, sedangkan rivalnya Airbus alami penurunan pendapatan sebesar 21 persen pada kuartal ketiga tahun ini.

Dilansir BBC, Kamis, 27 Oktober 2016, pendapatan Boeing jatuh karena perusahaan menghentikan produksi pesawat transportasi C-17. Boeing juga mengharapkan pendapatan akan datar atau turun sedikit pada tahun depan di saat transisi varian baru pesawat Boeing 777.

Chief Financial Officer Boeing Greg Smith mengatakan, Boeing berencana memangkas produksi pesawat 777 menjadi hanya tujuh pesawat per bulan dari 8,3 persen per bulan.

Meski pendapatan Boeing menurun permintaan pesawat tetap kuat. Boeing akan mengirim sekitar 745-750 pesawat komersial, tapi masih lebih rendah dibanding tahun lalu dengan penjualan mencapai 762 pesawat. Sedangkan laba Boeing mengalami kenaikan sepertiga menjadi US$2,3 miliar.

Sementara Airbus melaporkan, kinerja keuangan terburuk pada kuartal ketiga tahun ini. Selain pendapatan menurun, laba perusahaan Prancis itu anjlok 87 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, menjadi US$56 juta.

Penurunan ini karena masalah-masalah di divisi luar angkasa dan pertahanan Airbus yang mengalami penurunan omzet 20 persen. Perusahaan menargetkan pengiriman lebih dari 670 unit pesawat pada tahun ini, tapi baru terkirim 462 pesawat hingga September lalu.

Direktur Keuangan Airbus, Harald Wilhelm, mengakui masih banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP