BISNIS

Pangeran Cendana Terjun ke Politik

Bisnis Tommy, Dari Helikopter Hingga Tanker

Sebagai Preskom PT Humpuss, Tommy masih mengendalikan seluruh unit bisnisnya.

ddd
Kamis, 20 Agustus 2009, 11:04
Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto
Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto (Antara/ May)

VIVAnews - Tampilnya Tommy Soeharto yang mencalonkan diri untuk merebut posisi Ketua Umum Golkar membuat banyak kalangan ingin mengetahui lebih mendalam mengenai bisnis pangeran Cendana tersebut.

Apalagi, ada anggapan terjunnya Tommy ke politik untuk melindungi bisnisnya yang kini terus menggurita. Sebagai Presiden Komisaris PT Humpuss yang menjadi perusahaan induk, Tommy masih mengendalikan seluruh unit bisnisnya.

Berikut ini adalah imperium bisnis Grup Humpuss yang berkembang dari sektor energi, pertambangan, transportasi, kapal tanker properti hingga bisnis penyewaan pesawat dan helikopter.

"Humpuss telah berkembang cepat menjadi aset nasional terkemuka,” ujar Tommy yang kini menjadi Presiden Komisaris Humpuss seperti disebutkan dalam website Humpuss.

Di bidang energi, Humpuss memiliki PT Humpuss Patragas, PT Humpuss Pengolahan Minyak dan PT Usaha Gemilang Utama. Di bisnis ini, Humpuss bukan hanya menjadi pengelola ladang minyak Cepu Bojonegoro bersama Pertamina.

Namun, bisnis Humpuss berkembang ke sektor batu bara yang mulai dirintis sejak 2005 dan produk ethanol. Bahkan, Humpuss saat ini memasuki tahap pengembangan produksi ethanol.

Di sektor petrokimia, Humpuss memiliki sendiri atau menjalin kerja sama dengan perusahaan luar negeri. Beberapa perusahaan itu adalah PT Humpuss Aromatik, PT Humpuss Karbometil Selulose, PT Kaltim Methanol Industri. Di bisnis ini, Humpuss ingin menjadi salah satu pemain terbesar dunia dalam bisnis nafta dan industri petrokimia.

Pabrik aromatik di Aceh didirikan sebagai batu pijakan bagi Humpuss untuk mengembangkan produksi, distribusi serta logisitik maupun fasilitas pendukung lainnya di bidang petrokimia. Pabrik ini akan menghasilkan light dan heavy naphtha, minyak tanah, solar, minyak gas dan bakar serta LPG sebanyak 70.000 barel per hari.

Di bisnis transportasi, Humpuss memiliki dua andalan, yakni PT Humpuss Intermoda Transportasi yang bergerak di transportasi laut dan PT Gatari Air Service di bisnis penyewaan pesawat.

PT Humpuss Intermoda Transportasi berawal dari sebuah Divisi LNG dari PT Humpuss, yang membangun kapal pertamanya, Ekaputra di tahun 1986. Dengan kapasitas 78.988 DWT, Ekaputra merupakan kapal LNG terbesar di dunia saat itu. Pengembangan usaha terus dilanjutkan dengan menambah berbagai armada kapal mulai dari kapal tanker dengan kapasitas 1.300-37.000 DWT hingga kapal tunda dan tongkang.

Sedangkan, Gatari Air Service merupakan salah satu perusahaan swasta nasional di bisnis penyewaan yang memiliki dan mengoperasikan sejumlah helikopter dan pesawat. Kini, Gatari memiliki klien dari berbagai industri seperti minyak bumi, tambang, perkayuan serta perkebunan, seperti Bumi Resources, Barito Pacific, Medco Energy dan lainnya.


Berita Terfavorit:
1. Inilah Karakter Transaksi Dana Teroris
2. Perekrut Bomber Mengaku Musafir, Padahal..
3. Pengusaha Wanita Ditemukan Tewas Tanpa Busana
4. MU Ditumbangkan Tim Promosi
5. PPATK: Imam Samudera Pernah Terima Dana Asing



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com