TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Wanita Bekerja 39 Hari Lebih Banyak Dibanding Pria

Forum Ekonomi Dunia merilis laporan terbarunya soal kesetaraan gender.
Wanita Bekerja 39 Hari Lebih Banyak Dibanding Pria
Ilustrasi wanita stres dengan pekerjaannya. (U-Report)

VIVA.co.id – Permasalahan jenis kelamin dalam dunia pekerjaan hingga kini masih menjadi perdebatan di seluruh belahan dunia. Masih banyak yang berpendapat bahwa pria bekerja lebih keras dibanding wanita di jenis pekerjaan yang sama. 

Dilansir dari CNBC, Jumat 28 Oktober 2016, Forum Ekonomi Dunia (WEF) merilis survei terbarunya yaitu World Gender Report 2016. Berdasarkan kajian tersebut, Wanita diseluruh dunia ternyata bekerja rata-rata 39 hari lebih banyak dibanding pria setiap tahunnya. 

Namun, dari sisi kesetaraan keuntungan ekonomi, wanita hanya memiliki akses 59 persen dari keuntungan ekonomi yang dinikmati oleh laki-laki. Angka itu menurun ke level terendah sejak 2008.

Survei itu juga mengungkapkan butuh 170 tahun bagi wanita untuk mencapai kesetaraan ekonomi dengan Laki-laki. Jadi, kesetaraan ekonomi antara pria dan wanita diperkirakan baru akan terjadi pada 2186, perkiraan itu lebih lama dibanding survei 2015 yaitu di 2133. 

Inovasi teknologi di masa depan merupakan tantangan utama wanita untuk berkembang dalam pekerjaannya, selain risiko memburuknya ekonomi dunia. 

Selain soal ekonomi, laporan tersebut juga mengkaji kesetaraan gender di bidang pendidikan, kesehatan, semangat untuk bertahan hidup dan keikut sertaan dalam berpolitik. 

"Wanita memiliki 68 persen kesempatan dibanding laki-laki di bidang kesehatan dan pendidikan dan politik," tulis laporan tersebut. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP