Harga Cabai Melonjak Hingga Rp80 Ribu per Kg

Harga cabai naik
Sumber :
  • ANTARA/Adiwinata Solihin

VIVA.co.id – Sepanjang bulan ini harga cabai menjadi sorotan karena mengalami kenaikan tinggi. Harga naik di pasaran berkisar Rp70 ribu-Rp80 ribu per kilogram, dari sebelumnya berkisar Rp40 ribu per kg.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Kementerian Perdagangan mengakui komoditas cabai memang menjadi perhatian pemerintah karena di antara komoditas lainnya, komoditas inilah yang kenaikannya signifikan di atas dua persen, dari data per Kamis, 27 Oktober 2016.

"Kondisinya relatif stabil ada beberapa, seperti beras, gula pasir, tepung terigu, dan daging sapi stabil tetap tinggi. Hal tertentu yang jadi pantauan, yaitu cabai yang mengalami kenaikan di atas dua persen," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan, dalam media briefing di Kemendag Jakarta pada Jumat, 28 Oktober 2016.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Ia mengatakan naiknya harga komoditas cabai ini disebabkan karena faktor musim hujan yang dapat membuat hasil panen cabai membusuk. Ancaman busuk terutama saat distribusi dengan jarak yang jauh.

"Bukan karena tidak adanya hasil panen, tapi petani tidak berani untuk memanen karena cabai sangat mudah busuk. Jadi, seakan-akan stoknya tidak ada," ujarnya

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Ia menyebutkan, imbas sangat mencolok terjadi di daerah Aceh, Sumatera Utara, yang mana harga cabai per kilogram hingga Rp80 ribu.

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Harga pangan terpantau masih mengalami kenaikan pada hari ini, Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024