TUTUP
TUTUP
BISNIS

Empat Cara ini Bantu Kamu Sisihkan Gaji untuk Ditabung

Gaji yang minim kerap dijadikan alasan agar tidak ingat menabung.
Empat Cara ini Bantu Kamu Sisihkan Gaji untuk Ditabung
Ilustrasi Menabung

VIVA.co.id – Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pastinya kamu ingin menyisakan sejumlah dana untuk ditabung. Adalah suatu kewajiban untuk menyisihkan penghasilan agar bisa dipakai di masa mendatang.

Rumah, mobil, elektronik, gawai, paket liburan adalah beberapa contoh dari sekian banyak alasan untuk menabung. Yang lebih penting lagi, kamu harus menyimpan sejumlah dana untuk urusan darurat.

Gaji yang minim kerap dijadikan alasan agar tidak ingat menabung. Pengeluaran yang besar pun menjadi penyebab utama tidak bisa menabung. Sering kali orang-orang beralasan mengenai cicilan yang menumpuk sehingga tidak bisa menabung.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan yang semakin beraneka ragam membuat kamu kesulitan dalam mengalokasikan penghasilan untuk tabungan. Namun sebenarnya dari setiap rintangan itu pasti bisa ditemukan penyelesaiannya.  Ingat kata pepatah “setiap masalah pasti ada jalan keluarnya”.

Lalu bagaimana cara menyisihkan penghasilan yang kecil untuk ditabung? Bagaimana bisa menabung jika ada saja kebutuhan yang harus dipenuhi?

Situs keuangan Cermati.com memberikan tips empat cara membantu kamu untuk menyisihkan gaji untuk ditabung. Setelah mengaplikasikannya, kamu pasti tersenyum melihat jumlah tabungan yang sesuai harapkan.

1. Tentukan tujuan menabung

Agar tidak malas menabung, tentunya kamu harus menentukan tujuan dari uang yang akan ditabung. Kamu harus tahu betul apa yang dibutuhkan sehingga bisa rajin menyisihkan uang untuk menjapai tujuan itu.

Mungkin kamu ingin membeli sebuah rumah atau mempercantik rumah yang sekarang ditinggali. Atau mungkin juga kamu membutuhkan kendaraan pribadi seperti mobil.

Nah, sebaiknya kamu renungkan baik-baik mana yang paling dibutuhkan antara hunian atau kendaraan. Jika masih sanggup dan nyaman menggunakan sepeda motor, lebih baik tunda dulu saja menabung untuk membeli mobilnya.

Begitu juga sebaliknya, jika hunian kamu masih nyaman, bolehlah berencana untuk membeli mobil di tahun depan. Salah satu tujuan menabung yang paling krusial adalah untuk berjaga-jaga.

Kamu pastinya tidak mau jika ketika mengalami keadaan darurat tidak memiliki dana untuk mengatasi keadaan tersebut. Maka menabunglah, jangan sampai kehidupan kamu hancur hanya karena malas menyisihkan penghasilan.

2. Tentukan jumlah tabungan

Ketika menginginkan sesuatu dan memutuskan untuk mulai menabung untuk mendapatkannya, kamu harus tahu betul berapa jumlah dana yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan produk tersebut. Hal ini bertujuan agar kamu semakin termotivasi untuk menabung.

Setelah termotivasi, kamu akan lebih giat mencari penghasilan dan memangkas keperluan-keperluan sekunder yang memang sifatnya tidak mendesak. Ketika sudah mengetahui target tabungan, kamu juga akan mengetahui jumlah dana yang harus disisihkan setiap bulannya. Dengan begini kamu juga akan mengetahui kapan akan mendapatkan barang yang diinginkan itu.

Kamu juga sebenarnya bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus menabung untuk kurun waktu yang lama. Kamu bisa menggunakan kartu kredit.

Sebenarnya sama saja dengan menabung, bedanya hanya waktu menabungnya. Dengan menabung, kamu akan mendapatkan barang yang diinginkan setelah tabunganmu cukup.

Namun dengan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan barang terlebih dahulu dan menabung kemudian. Sama saja kan?

Di sisi lain, kamu juga harus mengetahui jika penggunaan kartu kredit memiliki biaya tambahan seperti bunga, iuran tahunan, administrasi, dan lain-lain. Namun jika setelah dipelajari baik-baik kartu kredit dan fasilitasnya lebih menguntungkan, lalu tunggu apalagi?

3. Buat rekening khusus

Sering kali kamu terlena oleh nafsu belaka untuk memiliki sesuatu, dan tanpa pikir panjang langsung membelanjakan uang yang ada. Padahal sebagian uang tersebut adalah uang tabungan.

Kamu bisa membuat rekening khusus untuk tabunganmu. Rekening tersebut tidak akan bisa disentuh terkecuali untuk tujuan yang sudah ditetapkan. Kamu bisa menyimpan kartu debit dari akun tersebut baik-baik di rumah dan tidak membawanya saat pergi berbelanja apalagi saat pergi liburan. Dengan begini, tabunganmu akan aman bahkan dari dirimu sendiri.

Buat dirimu berkomitmen

Tiga cara di atas hanyalah sampah belaka jika kamu tidak bisa berkomitmen pada diri sendiri. Jika bisa dengan mudah melanggar peraturanmu sendiri lebih baik lupakan menabung untuk mendapatkan apa yang kamu butuhkan.

 

(ren)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP