TUTUP
TUTUP
BISNIS

Sri Mulyani Tak Bayar Zakat Lewat Baznas, Ini Alasannya

Salah satunya terkait pertanggungjawaban.
Sri Mulyani Tak Bayar Zakat Lewat Baznas, Ini Alasannya
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi keterangan pers di Kantor Pusat Dirjen Pajak, Jakarta, Selasa (16/8/2016).  (ANTARA/Rosa Panggabean)

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani ternyata tidak pernah membayarkan zakat melalui lembaga resmi seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Dia tidak melakukan hal itu karena mempunyai sejumlah pertimbangan. Salah satunya terkait dengan pertanggungjawaban. Sebab, dalam Islam sering disebutkan, jika saat memberikan sesuatu tidak boleh terlihat orang lain.

"Kan ada ungkapan, kalau mau memberi lewat tangan kanan, jangan sampai terlihat tangan kiri, hal itu yang menurut saya pertanggungjawabannya menjadi lemah," katanya usai memberikan kuliah umum di Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), di Grand City, Surabaya, Jumat, 28 Oktober 2016.

Dalam dunia ekonomi, menurut dia, pertanggungjawaban dan kepercayaan sangat penting. Terlebih hal itu juga menjadi landasan dasar di semua agama. "Makanya, kalau pertanggungjawabannya lemah, misalnya nyumbangnya pakai nama Hamba Allah, mending sumbang sendiri," ujar Sri.

Untuk ke depannya, dia memiliki impian akan semakin banyak orang yang menyumbangkan hartanya melalui lembaga resmi di dalam negeri, baik dalam bentuk wakaf, maupun zakat.

Sebab, selama ini masih banyak masyarakat Indonesia yang menyalurkan hartanya ke luar negeri. "Kalau semakin banyak yang wakaf dan zakat di dalam negeri maka rakyat kita akan semakin makmur, dan itu memang harus dilandasi oleh trust atau kepercayaan," katanya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP