Incar Jasa Kurir, Kereta Barang Lintas Selatan Dioperasikan

Tumpukan barang di Stasiun Kereta Api Malang Baru
Sumber :
  • D.A Pitaloka/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Kereta Api Logistik (KALOG), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), menegaskan komitmennya dalam mengembangkan semua lini bisnis yang ditawarkan, termasuk layanan kurir melalui KALOG Express. 

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Langkah strategis yang telah disiapkan di antaranya, pengoperasian KA Barang Over Night Service (ONS) lintas selatan dengan stamformasi delapan gerbong kapasitas 160 ton.

Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG, Sugeng Priyono, mengatakan pengoperasian ini dilakukan karena perusahaan melihat potensi dan peluang angkutan khususnya pada lintas selatan cukup tinggi. 

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

"Menjawab tantangan tersebut, kami mengambil langkah untuk mengoperasikan KA ONS lintas selatan yang juga merupakan strategi Perusahaan untuk mendorong okupansi," kata Sugeng, dari keterangan tertulisnya, Senin, 31 Oktober 2016. 

Selain itu, pengoperasian KA ONS lintas selatan juga bertujuan untuk meningkatkan layanan dengan menawarkan banyaknya kota yang dilalui seperti Cirebon, Purwokerto, Gombong, Kebumen, Solo, Jombang dan kota lainnya, sehingga menawarkan akses layanan dan kemudahan lebih bagi pelanggan. 

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

"Tentunya, kami berharap hal tersebut mampu mendorong pengalihan angkutan dari truck ke kereta api untuk mengurangi beban jalan raya,” tuturnya. 

Sugeng menambahkan bahwa KA ONS lintas selatan akan meningkatkan lebih dari 150 persen kapasitas angkut menjadi total kapasitas maksimal 510 ton/hari, yang semula hanya 190 ton/hari untuk perjalanan pulang pergi, serta menyumbang pertumbuhan volume okupansi angkutan setidaknya 50 persen hingga akhir 2016. 

Pada tahap awal, guna menjaring pasar dan meningkatkan minat pelangan baik retail skala kecil hingga korporasi, KALOG Express menyediakan promo menarik hingga 27 November 2016 berupa tarif flat Rp1.000 per kg untuk angkutan dari semua relasi sepanjang lintasan Jakarta menuju Surabaya dan Rp900/kg untuk semua relasi sepanjang lintasan Surabaya menuju Jakarta. 

Semuanya berlaku untuk angkutan dengan minimal berat 1.000 kg. KA ONS lintas selatan ini melengkapi tujuh kereta yang sebelumnya telah dioperasikan KALOG Express yaitu ONS lintas utara dan KA Barang pada KA Penumpang Anggrek Pagi, Bangunkarta, Senja Utama Solo, Majapahit, Logawa, dan Mutiara Selatan. 

Sebelumnya, KALOG Express juga telah melakukan peningkatan okupansi melalui penambahan satu gerbong kapasitas 20 ton pada KA ONS lintas utara dan meningkatkan kapasitas menjadi 10 ton yang semula lima ton pada KA Senja Utama Solo. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya